Curhat Tentang KUA dan Cara Ngurus Persyaratan Menikah

Kemarin liat di blognya Anggi and blog lain juga (lupa punya sapa) isinya siy ngebahas mengenai “mengurus surat di KUA”. Ceritanya yah gitu nggak jauh-jauh dari hal yang bikin qta males banget untuk berhubungan dengan hal-hal yang berbau birokrasi (bener ga yah tulisannya). Yah walaupun emang rumit and costy (hehehehe, istilah ngawur niy) aq and Ay agak bersyukur qta nikah di Malang. Selain karena KTP qta masih KTP Malang, di Jakarta qta kan manusia-manusia pendatang, ternyata biaya menikah di Malang tuh masih murah.

Dari ceritanya blog-blog sebelah, ternyata biaya menikah di Jakarta tuh bisa mencapai 1.5 jt. Weleh… aq jd ngelus dada. Untuk administrasi musti bayar 500,000 IDR, then buat penghulunya tuh 1 jt. Nah, coba kalo qta itung-itungan.. kata kepala KUA di tempat aq, “Bulan Dhulhijjah itu biasanya yang paling rame. Sebulan bisa ada sekitar seratusan lebih pasangan yang menikah, penghulu bisa menikahkan sampai lima orang sehari.” Whuiih… kalau di Jakarta yang bisa dibilang lebih luas wilayahnya plus lebih padat, yang berarti lebih banyak orang dan kemungkinan pasangan yang menikah juga otomatis lebih banyak, penghulu disana bisa panen besar tuh. I do understand kenapa makin banyak aja orang yang milih ikut menikah masal.

Then, how about in Malang? Di Malang yang note-bane nya adalah kota kecil, biaya menikah tidak terlalu semencekik di Jakarta. Kemarin setelah Lebaran aq ma Ay nyempetin untuk ngeberesin KUA. Untuk urusan administrasinya qta kemarin musti bayar 300,000IDR katanya siy sesuai dengan “Perda Pemkot Malang”, nggak ngerti beneran ada apa nggak. Plus untuk biaya ini itu qta tambahin lagi 50,000IDR. Setelahnya qta dioper ke kepala KUA-nya yang ternyata tuh ada hubungan sodara tapi juaaaauuuuhhh banget. Dan setelah ngobras (ngobrol sana-sini) si Bapaknya bilang yang akan jadi penghulu pernikahan qta.

Nah mengenai biaya penghulu, honestly aq nggak tau. Kata Om-ku yang dah biasa ngurusin masalah-masalah seperti ini qta biasanya ngasih amplop aja, isinya terserah qta. Ouw..gitu toh. Berarti ini masih lebih “njawani” karena kalau di Jakarta biaya penghulu udah dipatok dari awal. Ampun deh…

Itu tadi mengenai biaya di KUA, hal yang paling penting ketika ke KUA selain bawa uang, ini penting karena kemarin pas aq follow-up penghulu-ku ada sepasang calon pengantin yang datang mengurus tapi nggak bawa uang cukup, yah akhirnya mereka disuruh balik lagi besoknya dan baru bisa melanjutkan pengurusan setelah uang administrasi dipenuhi. Ok, balik ke hal penting selain uang administrasi adalah berkas-berkas pengurusan.

Pertama qta musti ngurus di RT dan RW, bikin surat bahwa akan menikah.

Kedua, goes to kantor kelurahan. Bawa surat dari RT/RW bersama fotokopi KK, fotokopi KTP dan pas foto 4×6 dan 3×4 sebanyak 6 lembar. Untuk jaga-jaga biar nggak bolak-balik bawa fotokopi KK, KTP dan pas foto calon suami kita juga dan KK kita yang asli, karena biasanya mereka butuh untuk mengisi salah satu dari formulir N1-N4 itu. Oiya, yang patut diingat adalah foto yang dibutuhkan adalah foto yang berlatar-belakang warna biru.
Di sini qta akan mengisi formulir N1-N4. Dan setelahnya jangan lupa siap-siap buka dompet untuk biaya administrasi.

Ketiga, goes to KUA. Bawa semua berkas yang qta dapat dari kantor kelurahan. Kebetulan aq dan Ay di satu kelurahan yang sama, namanya juga tetangga :), jadi lebih mudah buat Ay karena nggak perlu mengurus surat numpang menikah. Bawa juga ijasah terakhir dari masing-masing mempelai dan surat keterangan bahwa sudah pernah suntik TT bagi CPW.

Biasanya penghulu yang mengurusi berkas-berkas ini akan menawarkan paket cepat, jadi tidak perlu ikut kelas preWed or semacam pembekalan pernikahan. Kalau mau, maka qta akan segera dibuatkan sertifikat bahwa telah mengikuti pembekalan dan setelah difotokopi selesailah proses pengurusan ini. Setelah itu biasanya qta akan diarahkan ke penghulu yang akan menikahkan.

Ketika dikasih tau penghulu mana yang akan menikahkan, mending langsung kenalan aja. Basa-basi dikit and minta no HP dan alamat rumah si Bapak penghulu qta. Dan jangan lupa untuk follow up, tanyain jadwalnya ketika hari menikah qta. Apa ada yang akan menikah sebelum jam qta atau nggak. Dan kalau ada tanyain dimana dan hitung waktu perjalanan dy dari tempat sebelumnya ke tempat qta.
Saran satu lagi, kalau menikah di bulan-bulan yang rame, baiknya daftar ke KUA sejak dini. Ini penting untuk booking waktu, jangan sampai acara yang udah direncanain dan di arrange waktunya musti ke-re-arrange gara-gara nggak ada penghulu yang jadwalnya kosong.

Ini tadi sedikit mengenai bagaimana ngurus persyaratan menikah di KUA dan curhat juga siy mengenai KUA. Kalau ada yang lagi ngurus persyaratan menikah, met ngurus and yang sabar yah! :)

About these ads

7 thoughts on “Curhat Tentang KUA dan Cara Ngurus Persyaratan Menikah

  1. Aku waktu ngurus nikahan di KUA Alhamdulillah banget dapet penghulu yang baik. Dia ga matok harga harus bayar berapa, tapi seikhlasnya kita aja. Padahal aku nikah sama WNA yang biasanya suka ditembak harga gila2an (kebukti sama temen nikah sama WNA Rusia disuruh bayar 10jt).. Malahan temenku yang nikah sama WNI kena tembak harga juga di KUA JakPus…

  2. Lucky banget! Padahal di Jakarta *eh nikahnya di Jakarta kan?* kan ada duit ada barang/service :D apalagi dengan WNA. 10JT? Uang semua yah itu?? *serius kaget hehehe…* Itu kalo yang pasangan WNI-WNA yang dinikahin lebih dari 10 orang bisa-bisa… *itung-itung dikalkulator*

  3. Iya, aku di jakarta selatan nikahnya (KUA Setiabudi)… Temenku yang disuruh byr 10 juta sempet protes, sampe bawa2 ustad di komplek untuk ngomong sama penghulunya.. baru deh dikasih bayar 2 juta.. #krik…kadang cuma bisa dongkol sendiri kalo denger cerita2nya..

  4. Waduh keliatannya sih pada nikah di kua and bayar cuma 30.000. Tapi busyeet..selesai akad ada amplop melayang..alasannya bukan gratifikasi tapi sukuran dari pengantin..kerena diberikan setelah akad nikah begituuu alasannya….apa emang gitu ya aturannya…atau kpk udah kalah pinter dari ptugas kua

  5. Hello, I think your blog might be having browser compatibility issues.
    When I look at your website in Chrome, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping.
    I just wanted to give you a quick heads up! Other then
    that, amazing blog!

  6. Hello there, I found your site via Google whilst searching
    for a comparable matter, your web site came up, it
    seems great. I have bookmarked it in my google bookmarks.

    Hello there, simply was alert to your blog via Google, and found that it is truly informative.
    I am going to watch out for brussels. I’ll be grateful
    when you proceed this in future. A lot of people
    will likely be benefited from your writing. Cheers!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s