Program yang Membuatku Mendarat di US; CCIP ^^


Ga kerasa udah hampir seminggu aq di US.

What a great opportunity which Allah SWT gives to me!

Tepatnya aq di Northampton Community College, Bethlehem Pennsylvania. Rencananya aq akan berada di sini selama dua bulan, untuk summer class. Then, nanti ketika awal bulan Agustus aq akan terbang ke Wausau, Wisconsin, untuk memulai kuliah setahunku di Northcentral Community College.

Ada beberapa yang sempat tanya via chat di YMess or di FB tentang kuliahku ini. Well, lewat post ini aq akan mencoba untuk memberikan sedikit gambaran tentang program apa yang aku jalani sekarang.

Tahun lalu tepatnya sebelum lebaran sepupuku, Zaka, mengirim email tentang beasiswa untuk belajar selama satu tahun di US, untuk meningkatkan kemampuan profesional, dengan syarat yang memungkinkan aq untuk mendaftar. Nama program ini adalah CCIP, Community College Summit Initiative Program, disingkatnya CCIP.

Program ini diselenggarakan oleh Community College Consortium bekerjasama dengan Fulbright, di Indonesia yang menjadi fasilitatornya adalah AMINEF. Well, sebenarnya ini bukan benar-benar program dari Fulbright so misal salah satu dari alumni program CCIP ingin apply lagi untuk bisa mengambil beasiswa S2 or S3 dari Fulbright boleh sekali. Beasiswa Fulbright hanya boleh didapatkan sekali.

Untuk syarat tidak terlalu sulit, diharapkan sudah lulus SMU, D1, D2, D3 atau S1. Tapi kalau nggak salah, ada beberapa temanku malah masih duduk di bangku kuliah. Jadi yang masih kuliah dan ingin mencoba, ayo!

Syarat kedua yang menurutku bisa dicapai sebagian besar orang di Indonesia adalah TOEFL hanya 500. Dan tidak ada batasan umur loh! Untuk syarat lebih lengkap click ini. Dan misal kalau ingin mengambil mata kuliah yang berbeda dengan latar belakang pendidikan, as I do now, boleh juga. Tapi dengan syarat memiliki pengalaman bekerja di bidang itu. FYI, seat yang tersedia ketika angkatanku, sekarang, adalah 60. Banyak kan? Nah, yang ingin belajar lagi dengan bonus jalan-jalan di US, submit your application now!

Last, ada yang sempet nanya, “Ngapain jauh-jauh ke US untuk kuliah tapi nggak dapet gelar?”

Hmm… yah memang tergantung masing-masing orang ngeliatnya yah. Aq dan suami melihat ini sebagai kesempatan besar, aq bisa belajar gratis, melihat belahan dunia lain (if you say “ah ngapain”) karena nggak semua orang punya kesempatan itu. Dengan aq belajar disana akan membuatku mendapat sertifikat keluaran salah satu community college terbaik di US, yang jelas itu akan jadi tambahan positif (yang banyak) di CVku. :)

Kalau ada yang tertarik dengan program yang sama denganku, check this out untuk persyaratan dan deadline-nya ‘Beasiswa ke Luar Negeri untuk Lulusan SMA, Lulusan SMU, dan Lulusan SMK‘.