Mengenang Masa Kecil Kami; Taman Wisata Senaputra


Ayo kapan terakhir kali kalian yang tinggal di Malang ke Taman Wisata Senaputra?

Hmmm… pasti bertahun-tahun lalu, ketika kita masih kecil.

Dan semakin kita beranjak dewasa, kita makin nggak pernah mengunjungi, bahkan mungkin nggak pernah terlintas dalam pikiran kita untuk datang kesana. Paling-paling kalau kita sedang liburan, tujuan wisata yang pertama terlintas adalah mall.

Nah, kemarin setelah ngejenguk ade sepupuku di rumah sakit, aq ngajak Ay untuk jalan kaki ke arah masjid A. Yani. Untuk mencapai tujuan kami, kami akan melewati Taman Wisata Senaputra. Ketika kami lewat, tiba-tiba aja terlintas keinginan untuk masuk. Sekedar melihat-lihat. Karena rasanya sudah lamaaa sekali dari kunjungan aq terakhir kali kesini ketika aq masih SMU, itupun bukan untuk tujuan wisata tapi untuk ikut pengambilan nilai berenang, yang kebetulan menggunakan kolam renang di Senaputra.

Di bagian luar taman wisata ini terdapat papan pengumuman yang menyatakan kepemilikan dari taman wisata ini, sebelumnya ada masalah kepemilikan hingga dibawa ke meja pengadilan.

Anyway, kami masuk setelah membeli tiket cukup murah. Taman wisata ini tampak sepi pengunjung karena bertepatan dengan bulan puasa. Seperti saat terakhir kali aq berkunjung, sayup-sayup terdengar siaran dari stasiun radio Senaputra yang menghibur pengunjung dari speaker yang diletakkan di beberapa sudut taman. Kemudian mulailah kami menjelajah, dan mencoba beberapa mainan yang tersebar di beberapa tempat.


Ada slide yang tinggi sekali yang membuatku ingat kalau dulu ketika aq kecil aq takut sekali untuk mencobanya. Kemudian ada ayunan dan jungkat-jungkit yang jadi mainan favorit semua anak-anak. Ada carousel dengan kuda-kuda yang memikat hati anak kecil dan ladders yang berwarna-warni.

Yang paling menarik perhatian adalah merry-go-round atau roundabout, disana tuh ada yang guedee banget, ini nih bikin Chita-kecil pingin banget naek muter-muter tapi karena takut jadi ketika aq kecil aq jarang banget untuk berani naik. Untuk kali ini, karena aq udah gede jadi aq langsung dengan semangat main dan minta tolong si Mas buat muterin. Whoooouu…

Setelah puas bermain kami beranjak ke panggung terbuka. Dulu aq ingat sekali ketika hari anak dan kebetulan kami ada kegiatan outing sekolah, aq menonton pentas anak-anak mulai dari drama hingga paduan suara. Dan juga ada sanggar tari dan taman kanak-kanak Senaputra yang ketika aq masih kecil sanggar dan TK ini terkenal sekali.


Dibalik rasa exiting kami yang bisa mengenang masa kecil kami dengan bermain dan menjelajahi Taman Wisata Senaputra lagi, kami merasa taman ini kurang memperhatikan perawatan bangunan yang ada jadi ada beberapa bangunan yang terlihat kurang menarik dipandang mata. Atau mungkin masa kejayaan taman wisata ini sudah mulai meredup? Mudah-mudahan setelah usainya sengketa kepemilikan, taman ini mendapatkan perhatian yang lebih dari pemilik sahnya, sehingga taman ini bisa menjadi taman wisata yang menjadi favorit anak-anak mengalahkan tempat bermain yang ada di mall-mall.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s