Medical Check Up untuk Sekolah di US


Setelah positif diterima sebagai salah satu Fulbright/AMINEF-ers, program community college, awal bulan April kemarin aq dan teman-teman seperjuangan lainnya diminta untuk Medical Check Up dan mengumpulkan copy of our paspor.

Jadi setelah aq sampai ke Jakarta aq buru-buru email ke sponsor, Ms. A, minta ijin untuk bisa medical check up di Jakarta or Bogor. Alhamdulillah boleh, tapi musti ngasih tahu dulu rumah sakit mana yang akan aq tuju. Mungkin karena aq anak daerah, ditakutkan nggak ngerti kanan-kiri sehingga dapet rumah sakit yang biaya med-check up nya mahal.

Sukurnya, aq rajin-rajin check group CCIP di FB jadi punya bayangan berapa biaya untuk med-check. Kalo nggak salah di RSPAD itu sampai satu juta lebih, ada juga yang lebih parah di salah satu rumah sakit yang sering muncul di TV biaya konsultasi dokternya (udah) malah sekitar empat ratus ribuan, belum biaya med-check loh!

Memang untuk kami yang ikut program dari Fulbright/AMINEF medical check up nya sudah disiapkan form yang musti diisi dengan bahasa Inggris, dan ada beberapa vaksinasi yang musti dilakukan or at least ditulis tanggal terakhir vaksinasi. Sekilas siy kalau dilihat agak rumit.

Based on pengalaman sepupuku, dy dulu med-check di RS PMI Bogor, katanya siy murah. Aq siy penasaran, aq coba telpon untuk nanya informasinya tapi ternyata si Mbak yang ngejawab telpon agak nggak ramah (baca: gualak). Langsung nggak berminat deh.

Sampai akhirnya ada beberapa temen yang med-check di RS. Mitra Internasional Jatinegara. Beberapa temen yang sudah nyoba commented di FB kalau biayanya murah. Aq telpon RSMI dan ternyata mereka bilang kalau biayanya nggak lebih dari lima ratus ribu dan mereka terbiasa mengisi formulir dengan bahasa Inggris. Wah klop deh!

Langsung aja, aq yang saat itu di Bogor bikin reservasi untuk hari berikutnya. Besoknya, via KRL Ekonomi (karena ketinggalan KRL Pakuan), sambil ngantuk-ngantuk, nahan asap rokok dan debu sampai juga aq di RSMI. Lima belas menit sebelum pendaftaran med-check tutup.

Tempat untuk med-check ada di lantai tujuh, di gedung depan RSMI. Prosesi pertama setelah mendaftar adalah ambil darah, lalu ambil air seni, timbang badan, ukur tinggi badan. Eh ternyata aq jadi lebih pendek dua cm niy😦

Setelah itu selesai, masuk ke ruang dokter umum untuk pemeriksaan umum. Di cek tekanan darah, bagian dada, perut, dan reflek kaki. Setelah ok semua dan ditanya-tanya dikit, akhirnya aq cek jantung, EKG, lalu dioper ke bagian THT.

Disini dr. I Made Subrata bilang overall hidung dan tenggorokanku ok, cuma pas masuk kotak kedap suara untuk tes telinga kebetulan bersamaan dengan ac ruangannya agak berisik jadi aq musti dua kali di-test. Tapi aq recommend dokter ini deh, as beliau telaten banget🙂

Then, abisnya THT pindah ke dokter mata, dr. Miswita, wah ketauan niy kalo minusku nambah. Hmm.. waktunya beli kacamata baru.

Setelah itu waktunya bayar. Untuk ini semua plus radiologi, menyusul karena gedungnya berbeda, biayanya empat ratus plus plus. Nggak lebih dari lima ratus ribu, alhamdulillah.

Then, aq buru-buru ke gedung RSMI yang satunya untuk foto paru. Abis foto paru balik lagi ke gedung awal tadi dan naik ke lantai lima, kalo nggak salah, ke poliklinik umum untuk vaksin MMR. Setelah beli obat di apotek, baru deh vaksinya di suntik-in. Aiih, sakit… Tapi seneng sebagian dari persyaratan medical check up sudah selesai. Tapi jangan lupa minta surat pernyataan kalau sudah vaksin. Ini nanti dibutuhkan untuk ngurus asuransi di college, as aq karena kesenengan sampai lupa minta, langsung ngeloyor aja.

Nah, kan tinggal vaksin tetanus. Sebenernya sebelum menikah aq sudah melakukan vaksinasi ini. Tapi ternyata katanya dokter di RSMI di Amerika mereka biasanya melakukan vaksinasi tetanus setahun sekali. Lha kalo disini dilakukan kalau ada yang kecelakaan aja.

Well, akhirnya beberapa hari lalu aq merampungkan prosesi pengisian form medical check up dengan melakukan vaksin tetanus. Kali ini aq vaksin di Malang, abis pulang dari pembekalan di Bali. Di RS. Lavalette ternyata murah loh! Untuk vaksin tetanus aq cuma dikenakan biaya dua puluh empat ribu plus (dikit) dan biaya konsultasi dokter.

Nah sekarang tinggal menyiapkan semuanya jadi bisa segera kwitansinya dikirim ke sponsor dan duitnya segera bisa diganti. Aaahh… senangnya🙂

5 thoughts on “Medical Check Up untuk Sekolah di US

  1. Saya juga mau melakukan MCU secara keseluruhan, karena perempuan, pengennya diperiksa sampe rahim juga. Kayaknya di Mitra Internasional murah banget tu yah…boleh minta contacnya?

  2. @ Utami: maaf terlambat menjawab :)telponya di 021 2800755 nanti minta dihubungkan langsung dengan bagian MCU aja. Officer di MCU akan ngasih ancer-ancer berapa kira-kira biayanya🙂

  3. hiks…lah aku baru nelf kok 800 ribu…paket yang murah nya itu 300 ribu cuman untuk darah dan air seni sama pemeriksaan dokter umum…gemana ini ??? mana aku gi Period so ga bisa skrg skrg ini deh …kudu nunggu …hiks

  4. To Anonymous, yah kan itu harga tahun lalu say… Jadi harap maklum kalo udah naik. FYI, yang mahal adalah vaksinasinya lho, jadi kalau bisa cari info mengenai vaksinasi juga. ^_*Be rilex, nggak usah panik. Med-check kalau terpaksa kan bisa dilakukan partial. Kerjakan apa yang bisa dilakukan dulu, baru yang tes urinya menyusul. Good luck!! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s