DS 160


Pernah denger kode diatas? Hmm, aq dulunya juga nggak familiar dengan kata-kata DS160, sampai kata ini menjadi bagian penting dari rencana keberangkatanku untuk kuliah lagi. DS160 adalah formulir online yang musti diisi kalau ingin apply visa ke Amerika.

Untuk mengisinya memang agak rumit, i can say it as my sponsor ngadain satu sesi sendiri ketika pre departure orientation untuk menjelaskan prosesi ini. Then, kami di-update lagi dengan diberikan guideline sebelum mengisi.

Well, untuk yang akan sekolah dengan biaya sendiri, I believe they have enough money to pay an agent to fill the form. But for a kere student like me, guideline dari sponsor sangat membantu sekali.

So, for you who gonna fill it I will give you some tips, ini bukan mo menyombongkan diri yah, jauh lah dari pikiran itu. Aq berani untuk ngasih tips lebih karena aq bukan seseorang yang berhasil ngisi form ini dengan lancar, sekali isi langsung bener, tapi aq spent almost 10 hours (dua hari digabungin) to fill it. Dan ada juga yang lebih dari itu, malah sempat aq baca dari posting-ngannya teman sesama program ada yang kena stroke gara-gara frustasi ngisi ini. Nah loh…

Tapi jangan khawatir ada juga, banyak malah, yang berhasil mengisi DS160 dengan cepat dan benar. Dan aq harap setelah baca post ini you are gonna be one of them. Oiya, kata-kata benar dalam mengisi lebih aq pentingkan, dari pada cepat. Karena kalau ada satu saja yang salah walaupun menurut qta nggak penting-penting amat, buat consular itu penting. Pokoknya jangan sampai karena qta malas ngebenerin, karena udah pegel ngeliat monitor komputer, pas sampai didepan consular saat wawancara qta disuruh ngisi form lagi yang berarti qta musti balik dan re-arrange jadwal wawancara qta. As you know it is difficult to do.

Hmm, ok balik ke tips.
1. Musti diingat kalau satu sesion hanya dua puluh menit saja. Jadi gunakan waktu sebaik-baiknya. Karena ketika waktu sudah habis walaupun qta sudah sampai di sesion terakhir, qta musti balik lagi dan ngisi dari awal lagi.

2. Pastikan koneksi internetmu stabil dan cepat. Jangan sampai pas ditengah-tengah err atau koneksinya down.

3. Kalau dapet guideline dari sponsor or dari biro jasa pastikan sudah qta baca dengan baik dan cermat sebelum mengisi form ini. Inget qta musti menghemat waktu.

4. Siapkan berkas-berkas yang nantinya dibutuhkan untuk mengisi form ini, such as KTP, kartu keluarga (buat yang nggak hapal tanggal lahir ortunya), paspor, tempat yang dituju (kalau yang mo sekolah berarti alamat sekolah, etc), CV (kalau dapet pertanyaan riwayat pekerjaan), dan beberapa hal lain (ini tergantung dengan tujuan keberangkatan ke US).

5. Cek apakah komputer or browser yang digunakan settingnya udah pas, aq siy menyarankan agar di set untuk menyimpan data, (apa yah istilahnya?) yang aq maksud itu seperti ketika qta menuliskan alamat email sebelum sign-in, nah untuk kedua kalinya kan qta tinggal menuliskan huruf pertamanya dan muncul alamat email qta yang tinggal qta click aja tanpa harus qta mengetiknya (maafkan penjelasanku yang panjang). Nah itu yang musti dipastikan komputer yang qta pakai di set seperti itu, jadi ketika waktunya abis dan musti ngulang dari awal qta bisa menghemat waktu dengan hanya meng-click tanpa harus mengetiknya ulang.

6. Kalau ingin langsung mencetak halaman konfirmasi dan form yang sudah qta isi, pastikan printer sudah tersmbung dan kualitasnya ok. Cz kalau nggak ok, dan barcode nya nggak bisa dibaca ketika qta wawancara, qta musti balik lagi dan ngisi form dari awal. Saranku, gunakan fasilitas untuk mengirim halaman konfirmasi ke email qta dan email orang terdekat or email sponsor (kalau berangkat dengan beasiswa). Jadi qta bisa menyimpan halaman konfirmasi dan mencetak ulang, bila diperlukan, dengan kualitas yang baik tanpa perlu mengisi ulang form ini.

6. Terakhir, mengisilah ketika badan qta fit dan sugesti diri untuk sabar dan tenang, nggak keren banget deh kalo ditengah-tengah ngisi kena time-out malah jadi stress dan ngapalin semua penghuni kebun binatang. Semakin tenang diri qta, semakin mudah qta untuk konsentrasi dan akhirnya semakin cepat selesai.

Anyway, kemarin aq udah selesai mengisi form ini dan insyaAllah besok pagi aq dan beberapa teman satu program akan menjalani wawancara. Wish me luck guys! Dan misalnya ada beberapa hal lagi yang ternyata terlewat nanti aq update lagi. Finally, mudah-mudahan beberapa tips ini membantu yah🙂

8 thoughts on “DS 160

  1. Jadwal wawancara dan DS 160 adalah proses terpisah. Setelah mengisi DS 160, pelamar visa diminta untuk membuat 'appointment' secara online. Semua informasi ini tersedia di website Embassy of the US Jakarta (http://jakarta.usembassy.gov/visas.html). Untuk kasus saya sedikit berbeda, karena pihak sponsor yang membuat janji, jadi saya hanya perlu mengisi formulir dan datang di hari yang sudah ditetapkan sebelumnya. Mudah-mudahan sedikit informasi ini berguna.

  2. Tengkiu mbak. Saya sdh dapat VISA. Seperti yg diceritakan saya dapat VISA Alhamdulillah lancar dan tidak semenakutkan cerita orang2.😉.yang penting semua data lengkap dan bisa meyakinkan dengan dokumen semuanya gampang.

  3. halo, saya lagi dalam proses isi form ds 160 dan ada beberapa pertanyaan yang ngak tahu harus dijawab kayak di pasport cuma terdapat satu nama dan di kotak surname nya mesti diisi apa?bisa kasih saran ? thanks

  4. Hi Anonymous, Untuk mengisi semua formal form di US kalau hanya punya satu suku kata, untuk kolom first name sebaiknya di tulis 'FNU'. Mudah-mudahan menjawwab pertanyaan kamu yah!

  5. halo mba chita mohon izin promo barang kali ada yang membutuhkan jasa

    untuk yang mau apply visa usa type b1 (bisnis/dinas) b2(holiday/medical) ,f1(pelajar),c1/d(transit)

    yang ga mau ribet atau takut salah isi form online bisa saya bantu

    jasa meliputi :

    pengisian form online ds 160

    pengambilan appointment

    foto 5x 5 background putih

    dokumen persyaratan bisa di jemput (rumah dan kantor hari libur siap jemput) / via email
    kalo jemput di sesuaikan

    bisa bantu dibayarkan ke bank permata / standar chartered (mw bayar sendiri juga bisa)

    yang mau bertanya juga silahkan

    bisa juga untuk yang mw di bantu apply visa canada

    bisa hub saya di call-sms-line-wa 081221962752

    email 152visa@gmail.com

  6. hi mbak Cita, saya sudah mengisi formulir DS-160 , udah ada confirmation page, udah bayar juga, udah buat jadwal wawancara juga untuk akhir bulan Mei nanti. Namun saya merasa waktu ngisi formulir DS-160 nya ada yang kurang dan mesti diperbaikin, apa masih bisa isi formulir DS-160 nya ulang ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s