New York, New York…

Haaaiii…
Baru pulang dari New York niy.
Seneng? Seneng donk… Semuanya berjalan sesuai rencana. ^^
Sebelum berangkat aq browse di Google beberapa tempat yang aq mo datangi. Dan beberapa tempat ternyata dekat dengan tempat aq nginep, Hostel International – New York.
Pasti nanya ngeliat patung Liberty nggak, jawabnya liat. Tapi dari jauh hehehehe… Honestly patung Liberty nggak masuk di list hehehehehe. Pasti sekarang lagi ngebaca post ini sambil bilang, “are you ok?” dan nganggep aq aneh.
I love history, I do love history. Tapi untuk trip kemarin dari awal sebelum berangkat aq nggak masukin patung Liberty ke listku karena pertama aq nggak mood buat kesana, udaranya panas banget dan yang terakhir adalah aq ke New York ketika summer dan weekend, yang berarti ada buanyak orang yang liburan di New York dan hampir semua mo naik ke patung Liberty, kebayang sesek dan antre lama udah bikin aq kehilangan nafsu untuk ke sana.
Tips kalau ingin naik sampai ke crown-nya patung Liberty, berangkatlah pagi-pagi kalau bisa sampai disana sebelum jam delapan, dan kalau pas weekend sebelum jam tujuh. InsyaAllah, masih sempet untuk naik ke atas. Untuk naik cruise-nya keliling patung Liberty siapkan dua belas dolar, nggak mahal kok ^^
Dan apa yang aq ingin lakukan di New York, yang utama aq pingin lakukan adalah makan makanan Indonesia. Menikmati tiap menitnya dan bisa ngobrol enak berjam-jam sambil maem. Wuuuuaaaaa… aq kangen bisa hang-out di restaurant yang makanannya, suasananya dan ngobrol-ngobrol enak. But anyway, I did it yesterday!
Hahahaha… kesannya ngebosenin yah masa jauh-jauh ke New York cuma buat maem makanan Indonesia. Tapi aq seneng banget loh!
Apalagi yang aq lakukan selain maem?

Aq ke Time Square, pas hari pertama diajakin ma asisten coordinator-ku Muhammad dan beberapa temen. Maem halal-food, jalan-jalan di Times Square, Madison Square Garden, window shopping di M&M’s World yang tersohor itu dan di beberapa gift store yang ada disana.

Info untuk Halal-Food, mereka jualan as kaki lima, harganya lima dolar dan bisa bikin kenyang sampai keesokan hari saking banyaknya. Walaupun murah tapi enak bow! Aq merekomendasikan untuk pilih lamb-nya, dan kalau pingin pedes bilang ma Mas yang ngejual, nanti akan ngasih sambel lebih banyak. Tempatnya di Time Square depannya kantornya New York Times, kalau naik Subway dari hostel tinggal naik yang nomor 1, dan turun di stasiun Time Square. Udah deh tinggal ngelesot aja sampai.

Kesan pribadiku tentang Times Square itu ruame banget, ada banyak turis dan ada juga pomosi disertai performance dari theater di sekitar situ, salah satunya Chicago, photoku diatas itu dengan salah satu performances ^^

Dan banyak layar gede-gede, aq sendiri nggak so surprise, tapi lumayan lah udah berada disana dan ngeliat tempat yang biasanya cuma bisa dilihat dari TV hehehe…

Kemudian ke M&M’s big store, abis panas-panasan jalan-jalan keliling Times Square masuk ke M&M’s store tuh rasanya adeemmm banget… Belum lagi ada baunya coklat, whuuaaa… aq yang nggak begitu suka coklat jadi ikutan ngiler hehehehe.

Sampai di hostel, coordinator-ku yang sekamar ma Aq, Anita, nyodorin brosur menu dari Malaysia Grill. Sebelumnya aq bilang ke Anita, kalau sebelum berangkat ke New York aq udah googling Indonesian restaurant di deket hostel dan nggak nemu, lalu aq nemu Malaysia Grill yang deket banget dari hostel dan aq ngerencanain untuk maem malam disana pas hari kedua. Sekilas aq ngeliat harga makanan di brosur nggak begitu mahal, untuk ukuran New York, jadi makin nggak sabar buat nyoba niy plus siap-siap buka dompet dalam-dalam!

Hari ke dua, aq keluar jam sebelas siang. Tujuannya kali ini ke City Hall, China Town, Little Italy, dan Central Park.

China Town yang ada di sini lebih besar dari pada yang ada di Washington, dan ternyata banyak penjual di sini nggak bisa bahasa Inggris, jadi agak sulit pas nawar. Sukurnya ada Dian yang pernah tinggal di China, dy yang bagian nawar. Maunya beli ikan asin. Tapi ini New York, semuanya serba mahal hehehehe.

Then, Aq ke Little Italy buat maem siang. Well, kalau biasanya di college maemnya sebatas cafeteria or di kitchen. Nah tiap trip adalah saat-saat yang pas buat jalan-jalan untuk nyobain restaurant dan makanan baru. Pas di Washington DC lalu, aq udah nyoba makanan Jepang dan El Savador. Kali ini dengan Anita, Muhammad, dua temenku; Alexia dan Marcus, kami makan di restaurant Italy. Mahal siy, but worth it! Apalagi ini pas banget dengan apa yang aq suka, maem di tempat yang makanan dan suasananya enak plus bisa ngobrol-ngobrol lama.

Abis kenyang maem, keliling lagi di sepanjang gift store yang ada disana. Btw, disini bisa nawar loh! Dan kalau mo beli oleh-oleh or pernak-pernik ini tempat yang tepat. Anita bilang, “This is the real big gift store.” Tapi kalau dari Indonesia, terutama dari Jakarta pasti akan ngerasa males buat belanja karena barangnya nggak beda dengan di Mangga Dua, tapi harganya dua sampai tiga kali lebih mahal, hahahaha… kebiasaan nge-convert ke rupiah siy.

Dari Little Italy, kami naik subway no 6 untuk ke Central Park. Central Park memang bukan sekedar taman biasa, ini bener-bener luaasss dan banyak fasilitas olah raga dan rekreasi. Jadi nggak akan mati gaya deh kalau maen ke sini. Kemarin sambil jalan kami ngeliat pertandingan softball. It was fun!

Hmm, istirahat bentar, mandi dan sholat, kemudian jalan lagi. Kali ini aq ma Anita mo maem di Malaysia Grill, tapi sebelum itu kami mo liat beberapa toko baju yang ada di deket hostel. Bareng beberapa temen cewe, yang ternyata tertarik untuk beli baju, kami jalan ke dua toko baju. Pertama, toko baju di depan hostel. Baju-bajunya lumayan murah, tapi musti telaten nyari yang bagus. Yang kedua, nama tokonya Strawberry, ini di Broadway st. Koleksinya bagus-bagus dengan harga yang nggak begitu mahal. Aq merekomendasikan toko ini untuk dikunjungi pas lagi di New York.

Setelah jalan-jalan cari baju, perut rasanya udah teriak-teriak minta diisi. Pisah dengan temen-temen cewe, Anita dan aq jalan ke Malaysia Grill. Cerita tentang Malaysia Grill aq post di posting yang akan datang yah. Singkatnya, it made my day! Makanan enak, suasana enak dan ngobrol panjang. Seneng banget deh!

Hari ketiga, sebelum check out aq nyempetin untuk ke grocery store di deket hostel, mo nyari oatmeal buat sarapan minggu depan. Tapi pas liat harganya, it shocked me. Buat sekotak oatmeal, yang biasanya cuma dua dolar delapan lima plus tax, di New York harganya lima dolar lima puluh berapa gitu. Hohohoho… Nggak deh yah. Mending nunggu sampai hari Kamis untuk shopping trip dari pada makan sambil nangis hehehe.

Anyway, yang perlu diingat bagi yang akan backpack ke New York, New York = a big city = expensive.

Sembarang-sembarang mahal di New York, even buat sebotol air minum. Dan disini lebih mahal dari pada di Washington DC! Sebotol air minum satu liter harga paling murahnya adalah dua dolar tujuh puluh lima sen. Dan jangan harap McDonald, our best friend, bisa tetep jadi our best friend, untuk paket burger, medium drink dan small fries yang biasanya cuma tiga dolar, disini harganya jadi tujuh dolar. Aq sendiri nggak maem McDonald or fast food pas di New York. Aq makan halal food, bagel di cafetarianya hostel, or sekalian yang mahal di restaurant di Little Italy dan Malaysia Grill.

Kalau mo berhemat, coba caranya salah satu asistenku, dy bawa cookies agak banyak buat maem pagi dan makanan instan buat maem siang dan maem malem. Or caranya Muhammad, naik subway ke Times Square setiap mo makan dengan subway, kalau jalan kaki dari hostel bisa sampai tiga jam untuk sampai Times Square, tapi kalau naik subway hanya butuh kurang dari sepuluh menit. Cara terakhir yang aq rekomendasikan adalah masak, tapi aq rasa harga bahan mentah disini tuh juga mahal, tapi kalau mo tinggal seminggu di New York baru terasa hematnya.

Indeed, aq ngerasa New York is fun, kesannya nggak jauh beda dari Jakarta. Ini tempat untuk orang bekerja, banyak transportasi umum dan tempat makan yang beraneka-ragam. Especially, bisa makan makanan dengan cita rasa Indonesia. Horayy!!

6 thoughts on “New York, New York…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s