8th Annual International Education Week Open House at NTC; Go Indonesia!

Tanggal tujuh belas November lalu kampus kami mengadakan open house, dan murid-murid internasional diminta untuk berpartisipasi dalam acara ini. Total negara yang berpartisipasi di event ada 24 negara. Bagi kami, murid Indonesia pertama di kampus ini, acara ini adalah event strategis untuk memperkenalkan Indonesia pada masyarakat Wausau dan sekitarnya.

Kami bener-bener total deh untuk acara ini. Kalau teman-teman dari negara lain yang satu program dengan kami nggak ada yang mau tampil untuk performance, kami malah daftar untuk dua performances. Sehingga Indonesia tampil dua kali dari sepuluh performances. Ketika diminta untuk mengumpulkan resep untuk disajikan di event ini, kami ngumpulin pertama kali dan dua resep loh! Jadilah dari delapan hidangan internasional yang ada, dua hidangan dari Indonesia.

Kami juga minta bantuan dari KJRI Chicago untuk menyediakan brosur mengenai Indonesia dan kami juga meminjam busana Bali yang dikenakan oleh Dian. Beruntung, Pak Redo dari KJRI dengan senang hati membantu kami. Beliau mengirim beberapa macam brosur yang kami gunakan sebagai bahan untuk mengenalkan Indonesia. Tapi, karena kami memiliki beberapa event di waktu mendatang, jadi hanya beberapa brosur saja yang kami bagi.

Mulai dari persiapan, board kami, dua hidangan Indonesia, parade, dan berfoto dengan CCID representative

Sebagai gantinya, kami membuat bookmarks yang kami bagi-bagikan pada pengunjung stan kami. Setiap kali kami membagi bookmarks, kami menyempatkan untuk menjelaskan bagaimana cara mengucapkan kalimat ‘Aku cinta Indonesia’.

Bookmarks Indonesia

Untuk membuat pengunjung tertarik, kami mengenalkan Indonesia dengan menjelaskan bahwa Indonesia adalah negara kepualauan terbesar di dunia dan kami bercerita mengenai Presiden Amerika yang pernah menghabiskan masa kecilnya di Indonesia. Ini adalah dua jurus utama kami yang sukses membuat pengunjung yang datang ber-wah-wow. Dan kami juga tidak lupa menerangkan mengenai Orang Utan, kami menjelaskan bahwa nama tersebut diambil dari bahasa Indonesia yang berarti ‘Forest People’.

Kami juga menerangkan bahwa board yang kami tampilkan adalah pemandangan yang bisa ditemui hampir dikebanyakan ruang kelas di Indonesia. Ada lambang negara dan foto presiden dan wakil di atas papan tulis. Ini membuat pengunjung yang masih duduk di bangku sekolah mengerti bagaimana suasana ruang kelas di Indonesia.

Performance yang tampil malam itu kebanyakan ditampilkan oleh teman-teman dari negara-negara Amerika Tengah, dan dari Asia hanya Indonesia yang tampil. Ini menjadi nilai tambah bagi kami. Karena bagi pengunjung yang datang, performance dari kami– tari Pendet (by Dian) dan Poco-Poco (by kami bertiga)– adalah sesuatu yang berbeda. Tarian kami saat itu (sangat) menarik perhatian pengunjung. Terbukti dengan kursi-kursi yang disediakan untuk pengunjung yang ingin menonton performance terisi penuh ketika Dian mulai menari Pendet. Dan ketika kami menari Poco-Poco di akhir acara, banyak penonton yang bersemangat untuk ikut menari bersama kami.

So far, malam itu banyak yang memuji performance kami, walaupun aq sempat salah pas nari (maaf Yudis dan Dian), ada beberapa pengunjung yang meminta resep hidangan Indonesia (hidangan Indonesia adalah dua hidangan yang pertama habis), banyak yang memuji board dan informasi yang kami berikan, dan banyak yang terkesan dengan busana yang kami kenakan. Kesimpulannya kami totally success!

Ini foto dari beberapa negara yang ikut serta dalam acara International Night-Open House at NTC

Dan ini cuplikan berita mengenai event kami, watch out, ada Dian yang pertama kali disorot (dan aq nyempil dipojokan sambil menerangkan sesuatu ke salah satu pengunjung yang datang). ^^
http://www.wsaw.com/home/headlines/International_Night_at_Northcentral_Technical_College_108576244.html

2 thoughts on “8th Annual International Education Week Open House at NTC; Go Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s