Beberapa Pertanyaan Mengenai Tes CCIP

Gimana niy persiapannya sebelum tes?

Kali ini aq akan bagi pertanyaan yang sempat ditanyakan ke aq by email oleh beberapa teman-teman yang akan menghadapi tes CCIP. Mungkin ada beberapa teman yang belum sempat membaca posting sebelumnya atau masih belum yakin, mudah-mudahan ini akan membuat level ke mantap-an dalam menghadapi tes akan bertambah!

1. Berapa orang yang mewawancarai?
Berbeda-beda, tapi pengalamanku dan pengalaman teman-teman seniorku yang ikut tes wawancara beasiswa dimana pun (bukan hanya CCIP), tes wawancara biasanya dilakukan lebih dari dua orang.

2. Bule semua or ada orang Indonesianya?
Unfortunately, jawabannya; berbeda-beda juga. Ketika ngobrol dengan teman-teman yang lolos jawaban mereka berbeda-beda. Ada yang bilang persentasi pewawancara Indonesia lebih banyak, ada yang bilang sebaliknya. Well, be prepared.

3. Apa pertanyaan yang paling aq ingat saat wawancara?
“Ceritakan tentang diri Anda.” Pertanyaan paling awal yang selalu ditanyakan dalam proses wawancara. Be careful, ini adalah pertanyaan yang bisa menjebak, kalau jawabannya kependekkan kesannya kita tidak bisa mempromosikan diri kita (padahal wawancara adalah tahap untuk bisa meyakinkan pewawancara) dan kalau kepanjangan bahaya juga karena akan cenderung keluar konteks atau membahayakan diri sendiri karena biasanya tanpa sadar akan membuka kesalahan dimasa lalu atau malah berkesan menyombongkan diri.

4. Lantas pertanyaan lainnya gimana?
Pertanyaan lainnya yah seputar diri kamu. Seperti di post yang lalu sempat aq bilang, form application CCIP tuh lengkap banget. Di dalam form pihak pemberi beasiswa sudah menanyakan banyak hal yang penting, mengapa mendaftar, mengapa kamu pantas, dan apa yang kamu akan lakukan setelah menerima beasiswa ini.
Ini opiniku yah; karena jawaban teman-teman di form itu menarik pemberi beasiswa, maka teman-teman diundang untuk tes wawancara untuk bisa mempromosikan dan memaparkan lebih lanjut dan lebih dalam mengapa teman-teman pantas mendapatkan beasiswa ini. Pertanyaannya bisa bermacam-macam, nggak akan pernah sama tiap katanya, tapi idenya tetap sama. Ini adalah kesempatan untuk meyakinkan pihak pemberi beasiswa, jadi promosikan diri kamu sebaik-baiknya. Tapi tetap ingat untuk tidak sombong dan melebih-lebihkan fakta, well, everybody will see easily when somebody start to lie.

5. Naik apa dari stasiun Gambir?
Untuk yang akan langsung ke kantornya AMINEF dari Gambir dan belum pernah ke Jakarta, persiapkan pengetahuan dasar mengenai alat transportasi umum di Jakarta. Mulai rajin untuk buka Google Map, dan cari gedung Balai Pustaka (tempat kantornya AMINEF berada). Gedung Balai Pustaka memang tidak terlalu jauh dari stasiun Gambir, tapi bisa menjadi perjalanan yang lama kalau tidak ‘aware’. Saranku pakai taksi yang terpercaya, tapi tetap hati-hati karena jarak yang bisa ditempuh hanya kurang dari 30 menit bisa menjadi satu jam kalau sopir taksinya agak ‘nakal’.
Aq pribadi biasanya prefer naik bajaj, hohohoho… selain karena harganya sudah fix didepan, supir bajaj biasanya akan mencarikan jalan tercepat. Tapi sayangnya nggak banyak supir bajaj yang tahu gedung Balai Pustaka.

6. Reimburse.
Ini juga ada yang beberapa kali bertanya. Pengalamanku AMINEf cukup cepat dibandingkan instansi lain (yang pernah aq alami) untuk mengurus ini. Tapi benar-benar perhatikan instruksinya. Apa yang boleh dan tidak.

7. Peluangnya gimana?
No one knows! hahaha… ini pertanyaan yang sulit dijawab. Kalau adapun itu jawabannya bersumber dari gosip-gosip. Kalau mau tau mungkin tanya ke pihak AMINEF langsung aja hehehe…

Kalau ada pertanyaan lain, silahkan ditanyakan. Nanti aq akan berusaha untuk menjawab. Go, go, go!

4 thoughts on “Beberapa Pertanyaan Mengenai Tes CCIP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s