Take a Nap


Sejak di US ada satu kebiasaan yang terpaksa aq tinggalkan. Kebiasaan itu adalah kebiasaan untuk tidur siang. Ya… ya… ya… ini memang bukan kebiasaan yang terpuji memang (yak, seseorang diseberang bilang, “Istriku banget.” kalau aq cerita tentang kebiasaan ‘lamaku’).

Aq nggak bisa tidur siang bukan karena penuhnya jadwal kuliah, tapi karena memang nggak bisa. Aq tuh berusaha keras dan berkali-kali mencoba, tapi entah kenapa sebegitu kerasnya usahaku untuk bisa tidur siang selama di US selalu aja nggak berhasil. >.<

Setelah ditelaah lebih dalam (cieee…) ada beberapa hal yang bikin aq nggak bisa tidur siang. Pertama, pas lagi berusaha untuk tidur siang biasanya kepikiran PR, keselnya kalau udah di-merem-merem-in sampai sepuluh menit eh malah dapet inspirasi untuk ngerjain PR. Huuffhhh….

Yang kedua, aq biasanya kepikiran waktu sholat selanjutnya. Karena aq nggak mo ketinggalan waktu sholat, dan waktu sholat disini selalu berubah tiap harinya jadi agak sulit kalau mo nyari waktu luang yang bener-bener pas untuk bobo siang.

Terakhir, biasanya temen sekamarku suka ngeledekkin aq kalau aq mo bobo siang. Kok malah keliatan males, padahal kan kalau lagi ngantuk pasti enak banget kalau bisa bobo siang.

BTW, diliat-liat yah dari semua murid international disini, yang punya kebiasaan tidur siang tuh cuma murid dari Indonesia loh hahahahaha…

Padahal yah kalau membaca penelitiannya Dr. Sara Mednick yang meneliti tentang manfaat dari tidur siang, ada dua puluh manfaat yang bisa diambil dari kegiatan ini loh! Dari bukunya Bu Dokter yang berjudul “Take a Nap! Change Your Life.”, dua puluh manfaat tersebut adalah;

1. Increase your alertness.
2. Speed up your motor performance.
3. Improve your accuracy.
4. Make better decisions.
5. Improve your perception.
6. Fatten your bottom line.
7. Preserve your youthful look.
8. Improve your sex life.
9. Lose weight.
10. Reduce your risk of heart attack and stroke.
11. Reduce your risk of diabetes.
12. Improve your stamina.
13. Elevate your mood.
14. Boost your creativity.
15. Reduce stress.
16. Help your memory.
17. Reduce dependence of drugs/alcohol.
18. Alleviate migraines, ulcers and other problems with psychological components.
19. Improve the ease and quality of your nocturnal sleep.
20. It feels good.

(sorry pake bahasa Ingrris, takut tuh kalau di ganti dalam bahasa Indonesia malah merusak arti sebenarnya, kan ini nggak pake ijin dari si Bu Dokter, hehehe… excuse niy ^^)

Woooaaa… banyak yah ternyata keuntungan dari tidur siang. Hmm… kayanya musti beli bukunya si Bu Dokter niy, biar bisa tidur siang lagi dengan sukses. Hidup tidur siang! ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s