Info Liburan Gratis ke Amerika sambil Belajar

Yang sedang bosen kuliah or lagi bosen kerja dan ingin meningkatkan kualitas diri, cieee… bahasanya, atau lebih tepatnya ingin ‘liburan’ gratis sambil merasakan atmosfer belajar di Amerika. Just read my post below, ada dua kesempatan beasiswa yang sedang dibuka untuk belajar di Amerika, nama programnya adalah IELSP dan CCIP

Yang pertama dari IIEF, programnya bernama INDONESIA ENGLISH LANGUANGE STUDY PROGRAM yang disingkat IELSP. Well, aq nggak bisa dibilang familiar dengan program ini. Tapi karena salah satu sodara sepupuku yang paling deket, berangkat saat program ini baru dimulai (kloter pertama) dan sekarang sudah akan menjelang ke 12, jadi aq recommend program ini untuk dicoba.

Persyaratannya mudah, masih duduk di bangku kuliah strata satu (S1) dengan posisi paling tidak sudah semester lima dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris dengan bukti minimal TOEFL ITP 450. Gampang banget kan! Nah, kalau lolos maka grantee akan berhak mengikuti delapan minggu belajar bahasa Inggris di kampus-kampus terkenal di Amerika for free. Sounds so good, huh?!

Keterangan lebih lanjut silahkan baca paragraph di bawah yang copas langsung dari website IIEF. Kalau pingin daftar, langsung klik di sini IELSP, mumpung kesempatan ini masih terbuka sampai pertengahan bulan November 2011.



“IIEF holds an Indonesia English Language Study Program (IELSP). It is a program that offers a chance to enroll in English Language Courses at prominent universities in the United States for a period of 8 (eight) weeks.

The goal of this program is to improve the ability of participant’s English language, especially in English for Academic Purposes. Other than that, participants will have the chance to learn intimately the people and culture of the United States. IELSP participants will join the immersion program where they will mix with other participants from other nations and countries. Within this program, participants will not only learn the English language, but they will also join various cultural programs that will enrich their experience.”

Yang kedua, adalah beasiswa yang tidak lain dan tidak bukan beasiswa program COMMUNITY COLLEGE INITIATIVE PROGRAM or CCIP, dari CCID. Karena aq adalah salah satu ex-grantees maka aq cukup familiar dengan program ini. How cool is the program? Well, it is awfully cool, maksudnya asik banget yah!

Program ini aq sarankan bagi teman-teman yang sudah bekerja namun tidak memiliki dana yang berlebih untuk bersekolah untuk meraih gelar pendidikan tinggi (S1). Karena bisa diandaikan sama seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami, ciee… beasiswa untuk lulusan D1, D2, dan D3 itu jarang banget. Nah ini adalah salah satu kesempatan belajar gratis dan akhirnya akan meningkatkan daya tawar lulusan program ini di mata perusahaan. Untuk yang lulusan S1 dan ternyata ‘terjebak’ dibidang pekerjaan yang tidak sesuai dengan mata kuliah yang diambil saat kuliah, maka program ini juga pas dan cocok!

Coba baca penjelasan singkatnya deh, dibawah ini…

“This international educational exchange program enables individuals to study at a community college in the United States to develop professional skills.

Eligible fields are Business Management and Administration; Tourism and Hospitality Management; Health Professions, including Nursing; Media; Information Technology; Agriculture; and Engineering Science.”

Untuk keterangan lebih lanjut just read some of my posts di blog ini, dan buka website CCIP untuk info lebih lanjut, then buru-buru daftar karena program ini akan tutup di akhir bulan Oktober.

Ok, lantas kenapa di bagian pertama aq bilang ini adalah ‘liburan’, karena saat-saat kita sudah suntuk dengan ritme harian kita yaitu kuliah or bekerja, we just need a little break. Dan aq rasa melancong ke Amerika, walaupun dalam rangka belajar gratis, bisa dikatakan sebagai ‘liburan’ sejenak untuk merefresh diri kita dan mengembangkan kualitas diri. Isn’t it good?! So, just do it!

7 thoughts on “Info Liburan Gratis ke Amerika sambil Belajar

  1. Jadwal berangkatnya berbeda-beda, tergantung programnya. Kalau CCIP biasanya berangkat bulan Juni atau Juli, ada juga yang Agustus tergantung kampus yang dituju. Untuk IELSP bisa dilihat di websitenya langsung. Good luck!

  2. mba,mau tanya..kalo CCIP bawa anak blh gak ya? biaya utk anak ditanggung sendiri dan disana anaknya di daycare.trus kalo IIEF utk yg sudah bekerja apa blh? trims mba

  3. Hi Tisha, aku coba jawab yah.Untuk pertanyaan pertama, setahu aku tidak bisa. Kalau mungkin ingin sekali mungkin berkunjung saja, tapi pihak sponsor tidak akan membantu untuk pengurusan VISAnya (lebih baik ditanyakan langsung pada pihak AMINEF untuk informasi lebih lanjut). Kalau untuk IIEF, syarat utamanya adalah masih tercatat sebagai mahasiswa srata satu, jadi kalau kuliah sambil bekerja masih sesuai dengan syaratnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s