Apa Bedanya Imigrasi Amerika Serikat dengan Austalia saat Kedatangan?

(mumpung lagi moodnya bagus, sambil liat hujan rintik-rintik di luar, posting blognya langsung di-rapel :p )

Jawabannya; berbeda!
Oiya, pasti nanya kenapa kok aku post hal tidak penting seperti ini, well, ini untuk aku yang masih masuk dalam kategori amateur-traveler informasi mengenai proses masuk di imigrasi negara lain adalah PENTING. Apalagi kalau penerbangannya akan lanjut lagi ke penerbangan domestik dengan jarak waktu yang nggak lama. Jadi kalau yang ada rencana bepergian untuk pertama kalinya ke USA atau ke Australia silahkan disimak, kalau belum ada rencana, eh siapa tau bulan depan dapet rejeki jalan-jalan ke Disneyland, Florida!😉
picture is taken from this website woolner.com
Back to the topic yaa…
Proses imigrasi adalah proses yang harus dilalui setiap traveler saat akan memasuki negara lain dan saat keluar. Apakah proses ini rumit atau mudah, itu semua tergantung dari masing-masing traveler. Apabila si traveler tersebut telah mengetahui custom-rules yang berlaku maka akan mudah, sedangkan yang tidak mengindahkan custom rules yang berlaku di negara tujuannya maka akan dapat mengalami kesulitan ketika melewati proses imigrasi.
And how about me? Sebelum berangkat ke USA, aku udah sempat mengikuti pre-departure orientation dari lembaga penyelenggara beasiswaku dan ada satu sesi mengenai hal ini, jadi aku sudah siap saat berangkat. Dan ketika akan kembali ke Indonesia, aku menyempatkan untuk mengecheck informasi terbaru mengenai custom-rules yang berlaku di USA saat meninggalkan negara ini. Hal yang sama aku lakukan juga saat aku merencanakan keberangkatanku ke Oz. 
Ini adalah posting berdasarkan pengalaman dan my opinion. Check it out!
Sampai sekarang aku berpendapat proses imigrasi di USA lebih mudah daripada di Oz. Why? Karena saat aku mendarat di Washington DC – Dulles, prosesnya hanya melewati x-ray, mengantri loket imigrasi, di check paspor dan visa-nya, kemudian ambil checked-baggage yang jaraknya cuma seratus meter dari loket, kemudian pindahkan checked baggage ke bagian pemeriksaan (TSA) yang jaraknya lebih deket lagi, lalu udah deh bisa ditinggal pergi ke terminal domestik. 
Jarak yang dekat antara tempat pengambilan bagasi dengan bagian pemeriksaan, aku rasa, karena kuota bagasi international untuk ke USA adalah 2 check baggage with 50 pounds each (kalau dijumlahkan dan diganti ke KG maka jumlahnya adalah 46kg). Kebayang donk kalau barang bawaan berat begitu dan tempatnya TSA jauh kan repot. 
Ada dua versi pemeriksaan di sini, pertama kita diminta membuka koper kita sendiri. Kedua, adalah TSA memeriksa koper kita sendiri, yang ini memang less privacy, tapi biasanya mereka akan memberikan sticker di koper kita tanda bahwa koper kita tadi diperiksa oleh mereka.

Kenapa kita diminta membuka koper kita sendiri? Ini karena kita men-declare barang-barang yang suspicious bagi mereka, jadi kita diminta menunjukkan bahwa barang kita adalah barang yang aman. Sedangkan kalau tidak men-declare tapi tetap diminta untuk membuka koper, maka kita terkena random check. Misalnya kalau memang membawa barang yang mereka anggap berbahaya, such as bumbu-bumbu basah, makanan segar, dll, biasanya kalau memang tidak boleh maka mereka meminta kita untuk membuangnya.

Misal kita tidak men-declare apapun dan koper kita sudah kita pindahkan ke tempat pemeriksaan TSA, namun ada barang yang mencurigakan untuk mereka maka akan diperiksa sendiri (like I mention before). Apabila membahayakan keamanan maka akan diambil. Barang yang mencurigakan itu biasanya berupa cairan atau makanan. Untuk proses ini maka setiap checked baggage yang masuk USA harus dalam keadaan tidak terkunci, atau menggunakan gembok TSA sebagai gantinya. Gimana misalnya kalau koper udah terkunci? Maka TSA akan membuka gembok paksa dan akan mengembalikan gembok ke dalam tas. Tapi ini hanya untuk koper yang dicurigai, karena ada beberapa kasus temenku yang pakai gembok biasa dan koper tetap kembali dalam keadaan terkunci rapi, dia nggak bawa makanan siy, nggak kaya aku hehehe…

FYI, pas ke USA dulu aku di dalam koper membawa cairan, tapi aku nggak declare karena terburu-buru turun pesawat. Maka mereka membuka koper dan memeriksanya- bukan di depanku, tapi setelah aku pindahkan ke pemeriksaan TSA.  Saat aku check koperku setelah sampai di dorm, cairannya masih utuh dan koper juga rapi, hanya ada sticker yang menandakan kalau koperku diperiksa. Dan aku nggak kena denda! Lucky me!

Kebalikannya dengan proses yang aku lewati saat aku masuk ke Oz via Brisbane. Seperti yang sudah diceritakan oleh agen visa-ku, di Oz aku harus meng-claim barang-barang yang dianggap mencurigakan, misalnya makanan dan minuman, benda-benda yang terbuat dari kayu, dan beberapa lainnya. Misal kita nggak men-declare maka ketika diperiksa dan ketauan maka akan dikenai denda. 
Maka saat aku sampai di Brisbane, aku men-declare barang-barang yang dianggap mencurigakan, English Cake dari Tante, Teh Tong Jie ukuran super besar yang bikin koper jadi wangi teh, dan souvenir berbahan kayu. Prosesnya hampir sama dengan di USA, turun dari pesawat, melewati x-ray, antri di loket imigrasi, ambil bagasi, kemudian yang berbeda adalah kita akan diminta ke bagian pemeriksaan yang nggak jauh dari pengambilan bagasi. Setelah di check kalau barang bawaan dan yang di-declare adalah benda yang aman maka aku dipersilahkan lewat dan meneruskan perjalanan untuk transfer ke penerbangan domestik.
Untuk aku yang males repot, proses pemeriksaan bagasi Oz bukan favoritku. Karena aku harus membawa barang bawaanku yang pasti koper besar dan printilannya ke terminal domestik by my own, walaupun aku bepergian dengan maskapai yang sama. Sedangkan kalau di USA, setelah aku taruh di bagian pemeriksaan TSA lalu bisa aku tinggal, dan aku lari-lari ke terminal domestik hanya dengan membawa barang yang akan aku taruh di kabin. 
Sedangkan pemeriksaan x-ray saat tiba di Oz lebih mudah. Aku nggak perlu melepas sepatu, dan mengeluarkan laptop dari tas. Aku hanya diminta melepas jaket dan dimasukkan ke mesin x-ray, udah itu aja. Kecuali kalau ada yang pakai sabuk, mereka akan minta sabuk juga dilepas dan dimasukkan ke mesin x-ray. Kalau di USA dan beberapa negara Asia, saat pemeriksaan x-ray lebih rumit, sepatu harus dilepas, laptop harus dikeluarkan dari case, sama juga dengan kamera dan hand-phone.
Mudah-mudahan ceritaku diatas sudah cukup jelas menggambarkan betapa mudahnya melalui proses imigrasi, asalkan kita sudah well-informed. Caranya agar siap adalah sebelum berangkat selalu pastikan informasi terbaru mengenai custom-rules yang berlaku di negara tujuan kita. Jangan mempersulit diri dengan mencoba melakukan hal-hal yang dilarang, apalagi kalau harus lanjut ke penerbangan domestik dengan waktu transit yang terbatas. 
Bon voyage!🙂
Nb: semua informasi mengenai barang yang boleh dan tidak boleh dibawa masuk ke USA dan Australia (serta negara lainnya) terdapat di setiap website maskapai internasional,  masing-masing embassy, website international airport yang kita tuju, dan banyak lagi lainnya. 

3 thoughts on “Apa Bedanya Imigrasi Amerika Serikat dengan Austalia saat Kedatangan?

  1. Really helpful post!! Thanks mba' Chita!!Wah, mba' kena port of entry mana di USA? Di Seattle barang2 juga diperiksa TSA tapi di depan kita periksanya, petugasnya sampai terheran2 dengan barang2 bawaanku ..hahaOh ya, penerbangan domestik di Oz dari mana ke Townsville? Repot ya mesti bawa2 bagasi …

  2. Oiya, lupa nambahin; kalo di declare mereka akan periksa itu didepan kita atau kalau kita kena random check. Thanks yah udah ngingetin. :)Pas aku lewat Dulles-Washington DC, kali itu nggak ada yang aku declare, jadi saat tasku masuk tempat pemeriksaannya TSA dan aku udah nggak ada disitu, mereka periksa sendiri. Sukuuurrnya aku nggak kena denda hehehehe… Kalo di Oz, serem dendanya, gede banget, dan beberapa pengalaman temenku yang nggak declare, (hampir semuanya) ketauan dan semuanya kena denda. Aku kemarin musti pindah dari Brisbane International ke Brisbane domestik airport. Kepisah dan musti naik connecting bus dengan membawa checked baggage dan carry-on-ku sendiri.

Leave a Reply

