Crème Caramel Recipe

Lanjut marathon postingnya yah…

Kali ini aku mau share resep dessert favorit keluarga, Crème Caramel. Sebenarnya ada banyak versi resep yang beredar, versi aslinya sendiri berasal dari Perancis dan Spanyol. Akan tetapi yang aku share ini adalah resep yang biasanya dibuat oleh Eyang putri, Ibu, dan aku. Jadi mungkin berbeda dengan yang ada di buku-buku resep kebanyakan.

Resep dan cara membuatnya sederhana banget, tapi rasanya enak. Especially, kalau disajikan saat sore-sore. Si mas yang aku kenalkan dengan dessert ini pertama kali langsung suka dan malah ketagihan hehehe…

Bahan:
600 ml susu cair
5 butir telur
125 grm gula pasir (biasanya aku menakarnya dengan sendok karena nggak punya timbangan hehehe jadi 6 sdm gula pasir)
1/2 sdt vanili bubuk

Untuk Caramel:
6 sdm gula pasir
3 sdm air

Cara:
1. Caramel: panaskan gula diatas api, sampai mencair dan agak gosong. Kemudian segera masukkan air, lalu angkat. Sisihkan.

2. Campur telur, susu, dan gula pasir. Agar telur bisa tercampur rata, kocok telur terdahulu kemudian baru dicampur dengan susu dan gula. Setelah tercampur rata masukkan vanili. Untuk mencampur tidak perlu sampai telur mengembang. Biasanya aku mengaduk adonan dengan sendok kayu.

3. Setelah itu tuang sedikit caramel ke masing-masing wadah cetakan, lalu tuangkan cairan susu. Kemudian kukus 20 menit.

Note:
Kata Ibu, dulu Eyang putri bilang kalau Crème Caramel yang dibuat bisa dikatakan berhasil caranya adalah dengan melihat teksturnya. Ketika matang, Crème Caramel yang bagus bisa berdiri tegak ketika dikeluarkan dari cetakan, tapi tidak keras dan juga lembut di mulut.

Sedangkan caramel yang baik adalah caramel yang berwarna coklat keemasan (gosong) dan tidak boleh terlalu pahit. It takes me a while to make a perfect caramel, it just needs a loottts of practice. Kenapa harus ada rasa pahitnya? Karena rasa pahit sedikit itu berfungsi sebagai penetral rasa ‘eneg’ dari telur. Biasanya untuk membuat caramel yang pas aku memasak gula dengan api kecil.

Selamat mencoba! ^^

5 thoughts on “Crème Caramel Recipe

  1. First of all, salam kenal yaaaa…suka baca blog ini😀
    wah..cocok niy…baru cari camilan sehat buat anak2. Btw itu cetakannya pake apa ya? Plz bales ya mbak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s