Dibalik Manisnya Buah Mangga…

Getahnya galak bow!

Bukan maksudnya getahnya bisa marah-marah yah, tapi getahnya itu loh nggak seramah getah buah lain. Entah apa cuma jenis mangga ini aja atau memang ada beberapa jenis mangga lain yang memang getahnya segalak ini. Tapi menurut pengalaman aku dan si Mas yang kami masing-masing tumbuh besar di rumah dengan pohon mangga di depan rumah kami, getah pohon mangga kami nggak segalak ini. Pasti udah penasaran emang getahnya segalak apa sih, ya kan? Aku ceritain dari awal yah…
Di belakang rumah yang kami tinggali sekarang, ada pohon mangga besar yang sedang berbuah. Karena banyak yang matang dan belum sempat dipetik, tiap pagi selalu ada mangga berjatuhan disekelilingnya. Nanay, landlord kami  nenek-gaul keturunan Filipina, ternyata suka sekali mangga dan dua minggu lalu meminta tolong pada si Mas untuk memetik mangga. 
FYI, buah di sini harganya amit-amit! Jauh lebih mahal dari pada di desa terpencil semacam Wausau. Bikin kesel kalo liat harganya. Contoh yang paling parah adalah pisang cavendish, kalo liat harga di Walmart minggu lalu harga perkilogramnya 52c, di Oz harganya bikin ngelus dada, 5 AUD/kg. Nggak perlu dibandingin ma Indo ya…
 
Kalau kami berdua, si Mas benci buah ini. Aromanya bikin dy mual. Sedangkan aku, biasanya mangga memang bukan favoritku, tapi karena mangga yang aku dapet selama di Oz gratis dan mengingat harga buah lain mahal, maka makan mangga ayuuk aja. 
Ok, back to metik mangga.
Karena pohonnya tinggi sekali dan dahan yang dijadikan sandaran agak bergoyang terkena angin *horor banget deh ketika tangganya ikut bergoyang-goyang*, maka acara memetik mangga nggak berlangsung lama. Walaupun cuma sebentar, kami sempat mengambil sekitar 15 buah mangga. Saat memetik, ada salah satu teman Nanay yang mengingatkan kami akan getah mangga yang keluar saat buah dipetik. Namun, karena kami pikir getahnya sama saja dengan getah pohon mangga yang kami punya di rumah, maka kami nggak begitu khawatir.
Sampai akhirnya proses memetik selesai dan beberapa jam kemudian muncul lah ‘galaknya’ getah mangga. Dimulai dari rasa gatal dan perih di bagian alis mataku, kemudian si Mas juga cerita kalau tangannya gatal dan aku juga merasakan hal yang sama. Lalu muncul rash, seperti bekas luka bakar di alis mataku dan di tangan kami.  Ternyata saat aku memetik mangga yang tidak terlalu tinggi, saat buahnya terlepas dari gagang ada getah yang jatuh ke alis mataku. Kalau yang ada di tangan kami, mungkin karena kami memegang beberapa mangga sekaligus dengan cara memeluk, sehingga ada getah yang menempel ditangan kami. 
Aku pikir setelah sehari atau dua hari nodanya akan menghilang. Tapi ternyata tidak. Aku mulai cari-cari informasi di internet mengenai getah mangga dan penyembuhan herbal di Indo, ternyata nggak ada sama sekali  . Sampai akhirnya aku menemukan kasus yang sama seperti yang aku alami, tapi bukan di Indo atau di Oz, melainkan di Hawaii. 
Dari situs yang aku baca ternyata getah mangga memang bisa menimbulkan luka yang terlihat seperti luka bakar, ini dikarenakan kulit kita bereaksi terhadap zat yang dikandung getah mangga tersebut. Kabar baiknya, apabila lukanya tidak parah dan kita tidak bereaksi ekstrim maka dalam beberapa minggu noda tersebut akan hilang. 
Nah, saat ini kan sudah dua minggu setelah kegiatan memetik mangga tersebut. Luka yang di alisku, mulai mengelupas, sukur alhamdulillah. Tinggal menunggu luka di tangan kami yang belum, mudah-mudahan dalam beberapa hari ini mulai mengelupas juga.πŸ™‚
Demi buah, sumber vitamin C, gratis rasanya luka sedikit ini nggak masalah buat aku. Tapi yang kasian siy si Mas yang udah naik tangga yang tinggi dan nggak stabil demi buah yang dy nggak suka, plus terluka karena getahnya hehehehe… Tapi ikhlas kan Mas ngambilinnya?πŸ™‚  

12 thoughts on “Dibalik Manisnya Buah Mangga…

  1. @Winnie: Thank you, Yuli! Ini seneng banget karena luka yang di wajah udah mengelupas. Di wajah siy jadi agak panik hehehehe… Kalo di tangan nggak masalah, malah seringnya nggak inget. :D@Si Mas: Thank you!! Besok naik tangga, petik mangga lagi yah, hihihi :p

  2. Pingback: My Summer Fruit « Tempat Ketiga

  3. Ya ampun chit!!! Aku Baru liat loh postingan yg ini. Mangga disini enak… gede & ga benyek. Tapi kalo gitu caranya, bisa sampe kaya gitu, udah ah ga mau punya pohon mangga. Mau beli aja. Sekarang udah gpp kan chit??

    • Iya bener, mangga disini gede-gede dan nggak benyek.

      Getah ini nggak ngerti niy, baru kali itu aku kena. Bekasnya siy ternyata masih tertinggal walaupun nggak sejelas di poto.😦

      Lho, kok nggak jadi punya pohon mangga. Coba tanya-tanya aja ma yang jual bibit pohon mangga yang getahnya nggak galak, siapa tau ada. Kan enak tuh, kalo musim panas bisa makan mangga dari kebun sendiri.πŸ˜‰

  4. mba.. bekas lukanya ilang gak? kmrn anakku kena juga, kulitnya sampe ngelupas gitu, aq takut bekasnya nggak ilang coz agak lebar & di pipi😦

    • Lama-lama memudar kok, walaupun nggak hilang sepenuhnya.
      Kalau memang besar lukanya, coba konsultasi ke dokter kulit, pasti mereka punya cream atau lotion yang bisa membantu memudarkan bekas lukanya.πŸ™‚

  5. Sama nih pengalaman.. karena ga tau kl getah mangga tu berbahaya pas adek lg ngambil mangga aq yg lg gendong bayi q 4 bln asyik aja nunjukin dia posisi mangga yg mo dpetik walhasil bayi q skrg kena bentol2 di wajah n kakiny sedih d ga tau ngobatin pake apa mn dia rewel bgt ni

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s