Our Breakfast Platter; Resep untuk Nugget, Arancini, dan Crêpes

Untuk membuat masing-masing makanan sarapan kami (read this post Our Breakfast Platter , kecuali sosis sapi, caranya gampang banget. Nugget dan arancini resepnya aku contek dari blognya mbak Meta di metariza.com. *sebenernya mo aku link ke posting resepnya langsung, tapi entah kenapa blognya mbak Meta nggak bisa dibuka.*

Dan aku bikin sarapan favoritku crêpes, sebagai pengganti pancake. Dun worry bikin crêpes itu cuma setengah jam dan bisa disambi sambil ngegoreng nugget, arancini, dan sosis, jadi nggak repot.

Sebenernya kata mbak Meta di blognya nugget dan arancini adalah dua makanan MPASI (makanan penunjang ASI) untuk anaknya yang berumur diatas satu tahun tapi semua anggota keluarganya suka. Wah tertarik aku untuk bikin, selain karena membuatnya nggak rumit.

Untuk aku dan si Mas yang suka makan nugget, resep ini pas banget karena kami jadi bisa bikin sendiri, pluss bisa memastikan dagingnya halal, mencegah pemakaian MSG dan bahan pengawet, otomatis makanan yang kami buat lebih sehat.🙂

Udah beberapa kali ini aku bikin dan selalu berhasil, resepnya beneran gampang lan guampil. Biasanya aku bikin setelah pulang dari ngeborong daging di halal butcher setiap weekend, kemudian hasil setengah jadinya langsung dimasukin ke freezer dan tiap hari tinggal ambil beberapa lalu digoreng. Kadang saat nggak ada camilan *coz aku kalo masak nunggu mood bagus, alasan doank hehehehe…* si Mas ngegoreng beberapa potong either nuggets or arancini.

Karena masih belum bisa aku link-an langsung dengan posting resepnya mbak Meta, aku share catetanku yah…

Nugget ala Metariza.com

Bahan:
400g daging cincang ayam/sapi/udang/salmon/dori (bisa pilih salah satu atau dicampur); 15g oatmeal; 35g tepung terigu; 3 putih telur; 8 siung bawang putih + 1/2 bawang bombay (dihaluskan/diblender); 50g keju cheddar parut; garam dan merica secukupnya

Untuk lapisan luarnya:
3 kuning telur; breadcrumbs (tepung roti)

Cara membuat;
1. Aduk semua bahan sampai rata, kemudian kukus selama 15 menit.
2. Setelah itu dinginkan, lalu potong-potong sesuai selera.
3. Celupkan potongan tersebut kedalam telur lalu baluri breadcrumbs.
4. Goreng di minyak panas atau simpang dalam freezer.

Arancini ala Annabel Karmel modified by Metariza.com

Bahan: 1sdm butter; 2 siung bawang merah + 2 siung bawang putih (iris halus); 1/2 cup nasi matang/risotto; 100g daging cincang; 1 cup kaldu cair (ayam/sapi); 300g jamur champignon (potong kecil-kecil); 1/2 cup keju cheddar parut; 4sdm keju parmesan *kalo nggak ada biasanya aku ganti seadanya persediaan keju yang aku punya (mozarella or lainnya)*; garam dan merica secukupnya.

Untuk lapisan luar:
2 sdm tepung terigu; 1 butir telur (kocok lepas); breadcrumbs

Cara membuat:
1. Lelehkan butter, lalu tumis bawang hingga layu dan wangi. Kemudian masukkan daging, aduk hingga rata.
2. Masukkan jamur dan beri sedikit garam dan merica. Lalu tambahkan nasi matang/risotto, aduk.
3. Masukkan air kaldu, aduk lalu kecilkan api agar kaldu meresap.
4. Ketika sudah mulai mengering (jangan terlalu kering), matikan api.
5. Masukkan keju, aduk. Dinginkan.
6. Bentuk bola-bola, gulingkan di tepung terigu, cemplung ke telur, lalu breadcrumbs.
7. Goreng diminyak panas atau simpang di freezer.

Untuk resep crêpes, biasanya aku bikin ala paling mudah dan cepat. Resep yang selama bertahun-tahun ini aku pakai, aku udah lupa dari mana aku dapet resep aslinya, tapi yang pasti sudah aku modifikasi sedemikian rupa biar lebih pas dengan lidahku.

Crêpes

Bahan:
1 cup tepung terigu
2 cup susu cair
1sdm butter (cairkan)
1 butir telur
vanilla bubuk secukupnya *biasanya aku pakai seujung sendok teh, lebih sedikit dari 1/4 sendok teh*

Cara membuat:
1. Campur tepung terigu dengan susu cair sedikit-sedikit, aduk hingga rata dan halus.
2. Masukkan butter cair, telur, dan vanilla bubuk, aduk hingga rata.
3. Panaskan wajan anti lengket dan tuang sedikit adonan lalu ratakan hingga membentuk dadar tipis. Biarkan matang, lalu angkat. *biasanya aku memakai sendok sayur untuk menuangkan adonan, agar ketebalannya tiap crêpes sama.*

9 thoughts on “Our Breakfast Platter; Resep untuk Nugget, Arancini, dan Crêpes

Leave a Reply

