Frequently Questions about CCIP; Pertanyaan Umum Mengenai Program CCI

Wiihh… ndak kerasa November udah mo abis aja niy. Nggak kerasa banget, dua tahun lalu lagi siap-siap mo tes wawancara dan TOEFL di AMINEF, biar bisa jalan-jalan ke USA. Tahun lalu hari gini lagi nginep di rumah mentor sambil sibuk buka-buka brosur toko mana yang musti disantronin dan diborong isinya. Sambil dikit-dikit update ke temen-temen di Indo yang mo tes wawancara dan TOEFL buat CCIP next batch via blog, tapi dikit, coz lebih konsen ke belanja hehehehe…

How I miss Black Friday soooo muuuuccchhh😦
Saat-saat dimana aku bisa ngeborong 24 botol Bath and Body Works hanya dengan 60 dollar! To make it more real DUA PULUH EMPAT. Cewe yang pake lotion yang sama jarangnya dengan intensitas puasa senin-kamis, beli DUA PULUH EMPAT botol Bath and Body Works, yup, aku khilaf. Eh, tapi yah pas beberapa minggu sebelum pulang aku balikin 5 botol donk, dan aku malah dapet refund 35 dollar! 
*itung-itung di kalkulator*
Jadi 19 botol harganya cuma 25 dollar! Padahal satu botol yang besar harganya 10 dollar. Dan itu aku bela-belain bawa ke Indo walopun bikin overweight. Pasti yang jualan di Bath and Body Works Wausau lega pas tau kalo tahun ini aku nggak beredar lagi di tokonya hahahahaha…
Lho kok jadi cerita jaman penjajahan sih?! Ok, back to the topic. Betewei, topiknya apa yah? Alamat nih kalo nggak ngasih judul dulu langsung cerita. Yang ada jadi disorientasi begini nih…
Nah, tahun ini karena kesibukan baruku sebagai istri rumah tangga, yeaah you can name it lah… Aku nggak update-update info tentang program jalan-jalan yang pernah aku ikuti like last year. Padahal itu masih jadi salah satu ‘pencarian tertinggi’ blog ini loh *tepuk tangan*. Jarang-jarang blog cemen kaya gini ada yang nyari hehehe…
Dan ternyata ada beberapa yang nanya di salah satu post yang aku tulis setahun lalu lebih dikit dan ternyata saking banyaknya yang comment *tepuk tangan lagi*, sampe-sampe malah jadi spam. Lha, gawat ini ceritanya. Jadi aku baca-baca dan aku pilih-pilih sampai akhirnya terpilih lah pertanyaan yang paling banyak dari Kasep Alpian Bandung *hihihi, sumpah pas nulis ‘kasep’ aku nggak bisa nahan ketawa soalnya konotasi artinya kalo di bahasa Jawa lucu siy, sedang kalo di bahasa Sunda konotasi artinya bagus* Ok, ok, fokuss… sorry Alpian🙂
Pertanyaannya adalah;
1.Aq mau apply for CCIP 2013,setau aq deadline nya 16-06-2013,sebaiknya kapan ya aq mulai kirimin formulir sama berkas2 aq.
Terserah aja, sebulan sebelumnya boleh, seminggu sebelumnya juga ok, tapi yang terpenting jangan satu bulan setelah pendaftarannya ditutup hehehe…

2.di form registrasi,ada kualifikasi lulus/punya ijazah sma.Nah,kalo sy lulusan D3,jadi mana yg harus saya lampirkan.tetep yang sma nya kah?
If I were you, aku akan sertakan yang D3. Kalo mau, dua-duanya aja sekalian kayanya ok juga.  

3.Tentunya kita melampirkan study objective n personal statement e juga kn mbak.ada tips nya ga.?
Karena ada di form maka jawabannya iya. Tipsnya be realistic, point to point (biar enak dibacanya), find some strong reason why you are so important to be in, dan lakukan proofread (tulis dulu draftnya, minta orang lain baca tulisanmu dan ngasih masukkan).

4.point paling penting apakah dari keseluruhan prosedur lamaran tahap awal?
*Wooaaa… pertanyaannya kaya pertanyaan jaman kuliah dulu pas ujian.  :D *
Point pentingnya adalah kelengkapan persyaratan yang dikumpulkan, form pendaftaran yang sudah terisi lengkap, dan amplop lamaran yang sampai di AMINEF tepat waktu. 

5.ada sertifikat2 pendukung lainkah yang harus qt lampirkan.?
Kalo sertifikatnya kamu rasa menunjang daya jualmu such as yang menunjukkan kemampuan berorganisasi or kemampuan akademik, lampirkan saja.  

6.kalo qt berkesempatan utk ikut wawancara,kira2 pertanyaan ny seputar apa,n waktunya berapa lama.?
Pertanyaannya siy biasanya seputar jawaban yang kamu isi di form pendaftaran dan ada beberapa lainnya. Well, aku nggak inget persisnya gimana dan nggak tau sama apa nggak dengan yang lain. However, aku sarankan kamu punya copy form pendaftaran yang kamu kirim. Sehingga kalo kamu dipanggil untuk test wawancara kamu tinggal memperdalam dan memperkuat lagi jawaban yang kamu isi di form sebelumnya. 

*Gasp… masih nomor 6 yah?!*


7.selain melampirkan test TOEFL,kita jg di test lg ya kemampuan englishnya di tahap ITP.?,itu kpn,stw sya sehari stlah wawancara,bnarkah.?
Benar! *seneng soalnya jawabannya nggak perlu panjang.*

8.ada tes lain jg g,TPA atau PSIKOTES gt.?
Tidak! *hoping I will be not tempted giving long answer for the next questions. Lho jadi siapa yang minta dikasih jawaban panjang sebenernya or dasarnya emang doyan ngasih jawaban panjang?!*


9.untuk menguji bahwa kita merepresentasikan indonesia,apakah ada uji pengetahuan atau perform tentang budaya ind,misalnya tari ato alat musik.
Hihihi… I dunno, mungkin ada beberapa kandidat yang saking semangatnya ngejawab sampai diminta mempraktekkan, aku dan temen-temen yang aku tau nggak ada tuh.


10.Ada tahap yang kelewat ga selain tahap diatas.?
Ada, tahap menunggu, hahahaha… just kidding. :p


11.Setelah qta e lolos jadi kandidat,kan ada PDO,apa ada tes GRE/GMAT untuk penempatan college di USA.
Nggak ada, biasanya kalo pas/sebelum PDO kalian udah ketauan akan terdampar dimana setahun yang akan datang.


12.Penempatan college ditentuin siapa mbak e,apakah qt dikasih kesempatan dulu sebelumnya buat pilih college.
CCID yang menentukan.

13.College disana pasti college pemerintah ya mbak,pernah ga Fulbright Grantees yg dapet Santa Monica College.?
CCID grantees akan ditempatkan di college yang ada di program ini. 

14.Terus saya pernah baca,CCIPers nunggu keputusan dulu dr pihak USA,apa y maksud e.?
Lha taunya dari mana? Mungkin yang dimaksud setelah tahap wawancara kemudian diminta menunggu sampai ada pemberitahuan lolos seleksi.

15.Terakhir utk sementara ini mbak,mengenai financial,uang yang mbak e keluarin mulai dari pendaftaran sampai back again to indonesia kira2 utk pa ja ya mbak,kisaran nya berapa.?
Honestly, zero. Pendaftaran transportasi dan akomodasinya nggak perlu karena aku di Jakarta. Kalau yang dari luar kota akan dibiayai. Pas aku berangkat ke USA dan pas di USA aku pakai uang yang dikasih sama program aja, selain karena memang nggak ada rencana beli-beli lainnya.


*ngelap keringet…*


Akhirnya selesai juga sesi tanya jawabnya. Hip-hip-hurray!!
Mudah-mudah bisa menjawab kegelisahannya Kasep Alpian yah. Good luck untuk pendaftarannya tahun depan! Dan jangan lupa kalo keterima kirim nasi kotakan ke sini yah!! Hehehehe…

Anihow, aniwey, aniwere, untuk temen-temen yang masih penasaran dengan CCIP bisa post comment, siapa tau aku bisa jawab.😉


For more information you can read my previous posts:

6 thoughts on “Frequently Questions about CCIP; Pertanyaan Umum Mengenai Program CCI

  1. Hahaha … I like your sense of humor mbak!! Lumayan juga ya pulang Indo jadi usaha Bath & Body😉 Wah, postingan ini mengingatkanku waktu ikut seleksi dulu, miss that moment! Anyway, anak2 daerah dikasih tiket & penginapan gratis… dulu kami nginap di Alia 2 hari🙂

  2. mbak..mo tanya…untuk ijasah,,apa kita harus kirim kopi ijasah dari SMA??saya kan lulusan S1??apakah saya boleh mengirim ijasah S1 saja atau harus dgn ijasah SMA?klo pengalaman mbak lalu gimana,,makasih infonya🙂

    • Saat aku mendaftar, kalau tidak salah, aku mengirim ijasah universitas saja. Aku rasa nggak akan jadi masalah kalau dikirim keduanya atau hanya ijasah terakhir, yang terpenting aku rasa adalah bagaimana kamu menjawab pertanyaan dalam formulir yang kamu isi saat mendaftar. Good luck!🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s