Resep Puding Coklat dan Saus Vanila

Resep awal yang aku pakai adalah resep yang aku ambil dari blog memasaknya mbak Sefa, tepatnya di blog lamanya Food is Love: Puding Coklat Kuah Vanilla, yang ternyata resep ini milik almarhumah Bunda Inong, di alamat ini Dapur Bunda: Puding Coklat kuah Vanila. *I bet, some of you are familiar with her*

Anyway, yang bikin aku tertarik dengan resep ini karena resepnya mudah dan bahannya nggak rumit. Rasanya juga enak, I like it so much, tapi sayangnya si Mas seleranya berbeda. If you wanna try just check this out;
Aku tulis ulang dari blognya mbak Sefa.
Chocolate Pudding with Vanilla Sauce

Ingredients:
Chocolate Pudding:
1 package of agar-agar powder (7 gram)
50 gr granulated sugar
200 gr dark cooking chocolate, melted
400 ml water
100 ml condensed milk
1 egg yolk, slightly beaten

Vanilla Sauce:
1 tsp vanilla paste (original recipe using vanilla powder)
1 tbsp cornstarch
200 ml condensed milk
Prise of salt
1 egg yolk, slightly beaten
300 ml water

Methods:
Chocolate Pudding:
1. Rinse pudding mold with warm water. Set aside.
2. In a sauce pan, mix condensed milk, agar-agar powder, granulated sugar and water. Boil over moderate heat and stir constantly.
3. Fold in melted dark cooking chocolate. Mix well.
4. Dissolved egg yolk with 2 tbsp with agar-agar mixture. Pour into the sauce pan, mix well and reboil.
5. Remove from the heat. Stir continuously until the vapor gone.
6. Pour into the mold. Let it cool. Refrigerate before serving.
7. Serve with vanilla sauce.
Vanilla Sauce:
1. In a sauce pan, combine vanilla, cornstarch and salt. Mix well.
2. Add condensed milk and water. Boil over moderate heat by stirring continuously.
3. Dissolve egg yolk with 2 tbs of milk mixture. Stirring while pouring into the sauce pan.
4. Stir constantly until thicken. Remove from the heat. Refrigerate before serving.
———————–

Karna si Mas ternyata suka agar-agar yang nggak padat, maka aku harus memodifikasi resep biar pas dengan selera si Mas dan tema puding yang aku inginkan, lebih padat daripada agar-agar biasa. Akhirnya setelah percobaan beberapa kali, resep ini yang aku pakai di acara farewell temennya si Mas.
Puding Coklat dan Saus Vanila

Bahan:
Puding Coklat:
1 bungkus agar-agar (isi 7gr)
50 gr gula pasir
75 gr dark cooking chocolate, lelehkan
700 ml susu cair
150 ml susu kental manis
1 buah kuning telur, kocok lepas

Saus Vanila:
1 sdt bubuk vanilla
1 sdm tepung jagung
200 ml susu kental manis
1 buah kuning telur
400 ml air
Sedikit garam

Cara memasak:
1. Masak susu cair, susu kental manis, dan agar-agar, sambil diaduk terus menerus hingga mendidih.
2. Ambil dua sendok larutan agar-agar campur dengan kuning telur, lalu segera masukkan dalam larutan agar-agar. Aduk rata hingga uap menghilang.
3. Setelah uap hilang masukkan dark cooking chocolate, aduk rata. Dinginkan.

Untuk saus vanila, cara memasaknya sama dengan resep sebelumnya. 


12 thoughts on “Resep Puding Coklat dan Saus Vanila

  1. Chit… boleh tau ga, logikanya pake eggyolk di pudingnya itu kenapa ya?? Aku baruuuuu aja pagi ini bikin puding coklat (telat deh!!), tapi aku ga pake egg yolk. Biar apa ya??

  2. Kalo pake egg yolk, kalo nggak salah nih yah, puding akan lebih padat teksturnya. Kaya puding di bakery-bakery itu jadinya. Kalo suka puding yang teksturnya lebih kaya puding biasa maka lebih enak nggak pake egg yolk. Lain kali bikin pake egg yolk Dian, nanti kasih tau mana yang lebih enak menurut kamu!😉

  3. walaaaah bentuknya castle.. keren bangeeet!!aku pernah nyoba bikin puding disini, cuma jadinya agak kaku gitu, dan vla-nya gara2 ga ditambah vanila atau perasa rum jadi kerasa banget amis telurnya.. T___T Jadi pingin bikin lagi deeeeeeh…

  4. Si Mas: Yah, kalah cepet ma anak-anak niy :)Bebe: Sama, yang ini agak kaku dan padat gitu. Kalo punyaku karena ada kuning telurnya, kalo pudingmu ditambah kuning telur juga Bebe?Yuli: Ini karena mo dibawa buat suguhan, jadi bikinnya agak niat. Kalo maem sendiri bikinnya dengan bahan seadanya di kulkas, sama kaya kamu kok Yuli :)Mbak Ely: Ayuk-ayuk, nanti diposting yah Mbak.😉

  5. Pingback: Mid-Week Story : a Memory Bliss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s