Classic Waffle Recipe

Yang suka waffle angkat tangan! *aku nggak cuma angkat satu tangan, kalau bisa langsung berdiri hehehehehe…*

Ceritanya dari dulu entah kenapa aku lebih suka makan waffle yang klasik, hanya waffle dengan syrup maple aja. Nggak begitu semangat makan kalau wafflenya disajikan dengan ice cream atau lain-lainya yang lagi nge-tren banget di Jakarta *ini nggak suka rasanya, apa nggak suka harganya yah hahahahaha…*. Tapi beneran deh, makan waffle hangat dengan syrup maple yang manis itu rasanya udah enaaaakkk banget. Huhuhuhuhu… jadi laper… *masih ada sisa waffle yang belum dimakan sama si Mas nggak ya?*

Resep yang aku bagi di sini adalah resep dari sekian kali uji coba beberapa resep yang aku dapet di allrecipe.com.au. Setelah mencoba beberapa kali dan mencermati reviews yang diberikan dari member website ini, akhirnya aku punya resep andalan yang mudah dibuat. Hope you like it!

 

Imut banget yah waffle makernya, waffle yang matang bentuknya hati hahahahaha… Udah gitu foto di cetakan itu diambil pas pertama kali nuang adonan, aku pikir bakal bisa nampung banyak, eh ternyata dikit. Akhirnya adonannya keluar-keluar.😀

Classic Waffle

Bahan:

1 1/2 cup tepung terigu

1 sdm baking powder

1 1/2 sdm gula

1/2 sdt garam

4 sdm butter yang sudah dilelehkan

2 telur, pisah kuning dan putihnya

1 sdt vanilla sugar, bubuk vanilla

1 1/4 cup susu cair

 

Cara membuat:

1. Campurkan tepung, baking powder, gula, garam, dan vanilla sugar dalam mangkok. Kemudian masukkan susu, kuning telur, dan mentega. Aduk sampai adonan rata. *kalo nggak betah ngaduk pakai tangan, aduk pake mixer aja.*

2. Kocok putih telur sampai kaku. *Based on ilmu karna nonton MasterChef, putih telur yang kaku itu tandanya ketika adonan putih telur dibalik, maka adonannya nggak akan jatuh atau tumpah.*

3. Kemudian masukkan putih telur yang kaku tersebut dalam adonan, aduk rata.

4. Siapkan cetakan waffle. Saat cetakan siap, masak waffle dalam cetakan dan masak sesuai waktu yang dibutuhkan. Sajikan waffle yang telah matang dengan tuangan maple syrup.

 

Oiya, banyak resep yang mencampurkan putih telur langsung dengan adonan tanpa dikocok sampai kaku, don’t worry wafflenya akan matang sempurna kok. Tapi nilai lebihnya apabila ada putih telur terkocok kaku adalah waffle akan lebih renyah dan saat disimpan di freezer dan  dipanaskan lagi di toaster, rasanya lebih enak daripada adonan yang tanpa putih telur yang kaku. Selamat mencoba!🙂

22 thoughts on “Classic Waffle Recipe

    • Bagi dong pancakenya!! :p

      Eh Be, bukannya kalo di Eropa harganya waffle maker lebih murah daripada di Amerika? Kan kalo nggak salah *ya berarti kemungkinannya salahnya lebih besar* waffle tuh aslinya dari Eropa… Jadi aku pikir pasti waffle maker lebih murah disana hehehehe…😀

      • iya sering liat waffle maker.. cuma harganya sekitar 1000kr keatas (1,2jt kurang lebih).. disana berapa? karena sampe sekarang tepung pancakenya aja masih belum abis, ga akan deh dibeliin waffle maker sama si bubu…😛

        • wah mahal juga yah… Ini waffle makerku yang imut-imut itu harganya 29aud (300rb), kalo yang agak pro harganya lebih mahal 10-15 aud daripada waffle makerku.

          Hihihi… abisin dulu deh kalo gitu tepung pancake-nya, nanti kalo udah survey waffle maker, enak lho sarapan pake waffle… *raccuuun*😀

  1. Pingback: I Love Weekend! « Tempat Ketiga

  2. Ealah resep pancake to trnyata.kmrn aq pake resep itu jg say.cm beda dikit.ada tambahan baking soda gitu.mungkin krn bukan pake susu tp pake buttermilk.eniwei…percobaan prtamaku gagal bow.entah knp adonannya jd bantet.
    Setelah aq bermeditasi (wkwkkwk..sutris berat krn trlanjur bikin adonannya banyak bgt.kalo gagal kan buang2 bahan baku gitu),akhirnya aq tambahin baking sodanya dan buttermilknya.hasilnya, pancakenya mengembang.gak bantet lagi. Tp entah knp rasa susunya gak kyk kalo di mall2 gt.kyk krg kerasa.

    • Hu uh say, aku pake resep ini aja bikin pancakenya. Adonannya mengembang, tapi memang nggak banyak. Mungkin lain kali kalo bikin musti ngati-ngati ma perbandingan baking soda dan baking powdernya, takutnya kurang. Jadi nggak maksimal mengembangnya. Oiya, ada tips yang aku baca di internet, adonannya abis diaduk di diemin bentar baru di masak.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s