Kecap Manis Made in Australia

Sedang berada di luar negeri tapi kangen sama makanan yang mengandung kecap manis?

Kalau yang berada nggak begitu jauh dari Indonesia, seperti di Aussie, pasti bisa nemu beberapa macam kecap manis di supermarket. Sama seperti di supermarket dekat tempat tinggal kami. Selain ada yang merk ABC yang sudah kita kenal, ada Pandora perusahaan makanan Asia yang membuat Indonesian Kecap Manis made in Thailand, dan ada home-brand supermarket Select yang membuat Kecap Manis made in Australia. Kalau urusan harga kecap manis Select paling murah, dan kecap manis ABC yang paling mahal.

Tinggal pilih saja mau kecap yang made in Indonesia, made in Thailand, atau made in Australia?πŸ™‚


26 thoughts on “Kecap Manis Made in Australia

  1. hahahaha…. sama kecapku juga kecap ABC nih.. tapi belinya di toko asia. Kalau ditoko biasa banyak juga kecap manis tapi buatan thailand. Bahkan sambel oelek pun ada..πŸ˜€

    Kalau aku peratiin, kecap manis disini lebih sering disebut “indonesian sweet soy sauce” emang cuma dari indo aja ya?

    • Sama Bebe, aku juga pake ABC. Di asian store ada yang ngejual merk Bango, tapi mahal euy… hehehehe…

      Iya-yah, semua kecap manis dinamakan “Indonesian sweet soy sauce” kalo nggak gitu maka namanya biasanya ‘kecap manis’, mungkin ini karna orang Indonesia manis-manis kali yah! Hahahahaha…πŸ˜€

      • Kecap bango ga ada… padahal lebih suka itu.. Di Swedia toko asia-nya lebih didominasi barang2 dari Thailand. Jadi kalau ada produk Indo, biasanya dari thailand juga.. atau kadang2 Belanda.

        Bisa sih beli di toko online, tapi ongkirnya kadang2 bikin sakit hatiiiiii…

      • wah kecap bango paling mahal ya? padahal kan paling enak, hehehe. klo andaikata aku di aussie sih, alternatifnya milih aja merk lain yg lebih murah tapi udah ada label halal-nyaπŸ˜€

        • Sama, aku juga sebisa mungkin milih yang ada label halalnya (dan lebih murah hahahahaha…). Oiya, kalau disini ada peraturan kandungan tiap produk harus tertera lengkap, jadi konsumen seperti aku tinggal mencocokan aja sama list bahan yang dicurigai mengandung babi, jadi lebih mudah.πŸ™‚

  2. kalo kita lebih suka kecap manis cap bango dibanding abc.
    disini gampang nyari kecap manis (baik cap bango atau abc atau tukang jual sate), soalnya ada toko grocery indo. kalo gak pun, ada di jual di grocery asia.

  3. kalau aku suka kecap manis cap bangau *rada_ngiklan.
    hemm saya belum pernah tinggal di luar negeri sih, kalau ada kecap indonesia yang dijual di luar negeri pasti langsung dipilih deh…
    kan aku cinta produk indonesia he he,.

    • Wah baru denger tuh kecap cap Bangau. Jadi pingin coba…
      Hihihi… sama, aku juga pasti akan milih yang buatan Indonesia. Dulu pas nemu Indomie untuk pertama kalinya pas di Amerika udah kaya nemu emas aja, seneng banget hehehehehe…

  4. wah.. biasanya gak boleh loh foto2 di dalem supermarket gini
    apalagi foto produk sama harganyaπŸ˜€

    btw, boro2 di luar. di beberapa daerah di indonesia aja kadang sulit nyari kecap manis loh >_<

    • Iya yah, kalau di Indonesia larangan memotret bisa ditemukan hampir disemua toko. Kalau pengalamanku di Amerika dan di Australia mereka lebih lunak. Biasanya aku suka ngambil foto kalau mau membandingkan harga dan malas mencatat harga dan keterangannya, jadi aku foto aja keterangan harganya.πŸ˜€

      Hhmmm, bisa jadi ya, kecap manis sulit ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Karena kan kalau dirujuk asalnya kecap manis itu aslinya dari Jawa (karena orang daerah Jawa Tengah dan sebagian Jawa Timur senang dengan makanan yang bercita rasa manis). Lambat laun banyak pabrik kecap manis berdiri di Jawa, nah maka dari itu untuk daerah yang jauh dari pulau Jawa kecap manis tidak (se)mudah ditemukan seperti layaknya di pulau Jawa.πŸ™‚

  5. Saya engga begitu suka kecap karena katanya bikin hitam “loh teori siapa ini?”, yang benar saya agak geli lihat warnanya…Tapi kalau ini kecap yang ini kok unik…
    Salam kenal…:)

    • Salam kenal juga!

      hihihihi.. aku baru denger tuh kalo kecap bikin item. Wah musti ngurangin makan kecap niy, biar bisa lebih putih hahahaha…

      Iya kecap made in Aussie unik, karna pasti nggak ada di Indo heheheheπŸ™‚

    • Iya siy, aku dulu pas di Indo juga pake kecap bango… Tapi kalo di Aussie, ngeluarin 20rb perak lebih banyak buat sebotol kecap masih belum ikhlas niy hahahahahaha…πŸ˜€

  6. aku seringny apakai kecap dari thailand ..
    kalau di sini itu aku harus pikir pikir kalau mau motret, kayaknya belum pernah motret makanan deh di toko, entah boleh apa nggak, soalnya pernah motret tikus di toko bangunan, aku ditegur, jadi mikir dulu kalau mau motret barang dalam tokoπŸ™‚

    baru tahu aku kalau di tanah air itu ngak boleh motret barang di toko, tak kira nggak amsalah

    • hehehehe… kalo di Indo banyak plakatnya Mbak, nggak boleh moto, nggak boleh makan dan minum dalam department store atau toko-toko besar lainnya.
      Kalau di Aussie (dan pengalamanku di Amrik) kita bisa moto asal nggak berlebihan. Biasanya aku suka bandingin harga satu toko dengan lainnya bukan dengan nyatet harganya tapi difoto aja hahahaha… *pemalas*

Leave a Reply

