One Million Dollar

Pas lagi buka-buka kumpulan foto setahun yang lalu, aku jadi ingat perjalanan ke Chicago. What a windy city!

Chicago selain terkenal sebagai kota terpadat ketiga di Amerika, dan punya GDP keempat tertinggi sedunia, well, bisa dibayangkan betapa sektor bisnis sangat berkembang disini. Punya museum seni dengan koleksi lukisan terbanyak di dunia. Punya museum industri dan sains yang keyeen *menurut yang nulis hehehe… compare to other science museum in USA*. Punya bandara udara tersibuk *menurut survey di tahun 2005*. Bandaranya juga keren!! Dibandingin ama Dulles, SFO, Beijing, Hongkong, Brisbane, masih belum ada yang ngalahin cantiknya bandara ini. Tapi kalo urusan WIFI gratisan, jangan dibandingin yah. Kalo di SFO dan Hongkong ada fasilitas WIFI gratisan, *pengalaman bow sambil transit sambil update game di FB hahahahaha…😀 * kalo di O’Hare Chicago, nggak bisa nyambung. Musti beli paket atau online di beberapa spot tertentu. Nggak asik, tapi nggak papa… Bandaranya tetep keren.

Oiya, tadi di awal aku sempet bilang kalo Chicago juga terkenal sebagai windy city, brrr… Kota Chicago terletak didekat danau Michigan, danau Michigan adalah salah satu danau terbesar di dunia. Saking besarnya kalau kita berjalan di tepian danau kita bisa melihat ombak lho. Selain karena dekat dengan danau, di pusat kota Chicago terdiri dari gedung-gedung pencakar langit. *jangan disamakan dengan Jakarta yah, gedung-gedung disini jaraknya lebih rapat, nggak kaya di Jakarta* dan saat kita berjalan akan terasa angin yang berhembus diantara gedung-gedung tersebut.

Biasanya di Amrik musim dingin dengan suhu terendah ada di bulan Januari. Dan angin akan membuat suhu terasa makin dingin. Chicago secara geografis letaknya ada di selatan kota tempat aku tinggal jadi harusnya suhunya tidak akan sedingin di kota tempat aku tinggal, tapiiii…    anginnya itu yang membuat suhu udara drop, turun banget. Tahun lalu pas main ke Chicago suhu di salah satu hari drop sampai hampir ZERO Fahrenheit. Yah itung sendiri deh berapa minus Celsius. Kebayang dong, nggak bisa kemana-mana. Kalo mo jalan sekalipun, setiap seratus meter aku dan temenku nyempetin masuk ke salah satu gedung, numpang ngangetin badan. Brrr… hehehehe…😀

Salah satu hal yang menarik dari Chicago selain yang aku sebutin diatas dan the Bean-nya! *baru inget* Kota ini adalah salah satu dari dua belas kota tempat dimana the Fed berada. The Fed adalah bank sentral Amerika, yah semacam Bank Indonesia. Karena wilayah negara ini cukup luas maka dibagi menjadi dua belas distrik.  Pas di terdampar di negara ini, aku sempat jalan-jalan di depannya dua the Fed, yang di Philadelphia dan yang di New York, salah satu yang so famous karna sempat dijadikan tempat pembuatan pilem. Inget pilemnya Bruce Wills yang Die Hard with a Vengeance (sekuel ke 3)? Di film itu dia berusaha menggagalkan perampokan the Fed di New York lhoo!!😀 *bangganya setengah mati, padahal juga cuma jalan didepannya aja hahahaha…*

Setelah cuma jalan-jalan di depannya dua the Fed, akhirnya aku punya kesempatan untuk masuk di the Fed yang berada di Chicago. Di the Fed Chicago, setiap pengunjung yang datang bisa melihat uang-uang-uang *yah namanya juga maen ke bank hehehehe…* dalam berbagai bentuk. Ada uang pecahan satu dollar sampai seratus dollar *semuanya uang beneran!!* yang dipajang dengan jumlah satu juta dollar, dan saat pulang masing-masing pengunjung bisa membawa souvenir berupa uang yang sudah dihancurkan (shredded money) dalam kantong kecil sejumlah 364 US dollar. Seruuu kan?!

Satu juta dollar Amerika dalam pecahan satu dollar, tingginya cube ini hampir mencapai tiga meter!

 

 

Satu juta dollar Amerika dalam pecahan dua puluh dollar

 

 

Yang ini satu juta dollar dalam pecahan seratus dollar Amerika, wow, ada berapa nol yah kalau jumlah ini di konversi ke rupiah?

 

 

 

35 thoughts on “One Million Dollar

  1. foto yang terakhir itu, ngga bisa dibawa pulang aja yah uangnya plus koperkopernya?😀
    kalo disana kamu masuk ke gedung buat menghangatkan diri, aku disini mampir ke gedung dulu justru buat mendinginkan diri😀

    • hahahaha… mauku juga gitu🙂

      Sama-sama! Aku kalo lagi jalan-jalan di Jakarta juga gitu. Kalo udah cape dan panas, nepi dulu masuk ke Mall, biar dingin hehehehe…😀

    • Sepertinya begitu, selama ada yang ngasih kopernya gratis ke aku, kayanya kopernya ringan-ringan aja hahahahaha…

      Boleh donk, silahkan kalo mo di link, nanti aku link balik!😉

  2. wahh…deskripsi ttg Chicago-nya bener2 menarik sekali Chita….hanya bisa tertegun (melongo…) melihat kemajuan yg luar biasa dari negara adidaya ini. btw ttg film Bruce Willis itu lokasinya mmg disitu ya….tambah asyiik aja ya….

    • Hehehehe… walaupun maju dibeberapa sisi mereka juga masih berjuang untuk mengatasi beberapa problem yang sama dengan negara berkembang lainnya kok, no country’s perfect😉

      Kalau yang Die Hard sekuel 3, pengambilan gambarnya di the Fed New York. Saat itu aku hanya sempat melewati gedungnya saja.🙂

    • Hahahaha… bisa ke Qatar – Aussie PP hahahahaha… *ngarep jalan-jalan ke Qatar gratis*

      Kalo di Indonesia aku rasa Bank Indonesia juga punya museum untuk umum *karna ada museum Bank Mandiri*, tapi entah deh apa ada pajangan uang dalam koper juga hehehehe…😀

  3. waaa.. uang semua itu
    saya yang kerjanya ngitung uang (punya orang laen😛 ) kenyatanya gak pernah liat sejumlah besar uang itu dalam fisik😀

    cicago deket cicaheum ya😛

    • Saat itu juga pertama kalinya buat aku, it was sooo alooottt of money hahaha…😀

      Hahaha, chicago kayanya 10 menit aja tuh naik angkot dari cicaheum😀

  4. Wah, saya pikir bandara terpadat aktivitasnya di Amerika LAX lho…😀
    Gara2 saya lihat film “Due Date” sih, makanya saya tahu bandara Los Angeles..😆

    • Bisa jadi Sop, sekarang bandara yang tersibuk malah di LAX, karna aku ambil infonya dari survey di tahun 2005 siy, sudah beberapa tahun yang lalu🙂
      Hmm… pas kamu bilang ada film yang settingnya di LAX, aku jadi mikir sayang banget belum ada film yang pake bandara di Chicago secara utuh, paling adanya cuma cuplikan-cuplikan aja. Kaya Home Alone satu dan dua, mereka berangkatnya dari bandara ini.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s